Rabu, 14 Juli 2021 21:05

Kerusuhan di Afrika Selatan Tewaskan 75 Orang

Foto: Getty Image
Foto: Getty Image

ABATANEWS – Sedikitnya 75 orang tewas di Afrika Selatan karena kerusuhan. Kerusuhan ini disebut terburuk sejak berakhirnya apartheid menyusul penangkapan mantan presiden Jacob Zuma.

Rekaman yang dibagikan di media sosial pada Selasa malam menunjukkan Rumah Sakit Lenmed di Durban terbakar, sementara video lain menunjukkan penjaga toko menembaki kerumunan penjarah.

Baca Juga : Harga Minyak Dunia Melenting Akibat Kerusuhan Kazakhstan

Sepuluh orang tewas terinjak-injak selama penyerbuan di sebuah pusat perbelanjaan yang dijarah di Soweto, Johannesburg ketika polisi dan militer akhirnya menanggapi kekacauan itu.

Aparat menembakkan granat kejut dan peluru karet untuk mencoba menghentikan kerusuhan.

Kerusuhan, yang berpusat di sekitar provinsi KwaZulu-Natal dan Guateng, dimulai pekan lalu dan berkecamuk hingga akhir pekan setelah Zuma yang berusia 79 tahun dipenjara karena gagal bekerja sama dalam penyelidikan korupsi.

Baca Juga : Harga Minyak Dunia Melenting Akibat Kerusuhan Kazakhstan

Beberapa pusat vaksinasi COVID-19 terpaksa ditutup dan mengganggu penanganan yang sangat dibutuhkan.

Banyak kematian di Gauteng dan KwaZulu-Natal terjadi dalam kekacauan saat ribuan orang mencuri makanan, peralatan listrik, minuman keras dan pakaian dari toko, kata Mayor Jenderal polisi Mathapelo Peters dalam sebuah pernyataan pada Selasa malam.

Dia mengatakan 27 kematian sedang diselidiki di provinsi KwaZulu-Natal dan 45 di provinsi Gauteng.

Baca Juga : Harga Minyak Dunia Melenting Akibat Kerusuhan Kazakhstan

Peters mengatakan polisi juga sedang menyelidiki kematian yang disebabkan oleh ledakan ketika sejumlah orang mencoba membobol mesin ATM, serta kematian lainnya yang disebabkan oleh penembakan.

Tentara telah diturunkan untuk membantu membendung kerusuhan setelah warga yang ketakutan mulai membentuk pasukan pertahanan untuk melindungi rumah dan bisnis mereka di tengah peringatan bahwa persediaan makanan akan segera habis karena pemilik supermarket menutup toko di tengah penjarahan yang meluas.

Baca Juga : Harga Minyak Dunia Melenting Akibat Kerusuhan Kazakhstan

Pengerahan 2.500 tentara untuk mendukung polisi Afrika Selatan sejauh ini gagal menghentikan penjarahan yang merajalela, meskipun penangkapan dilakukan di beberapa daerah di Johannesburg, termasuk Vosloorus di bagian timur kota.

Setidaknya 1.234 orang ditangkap di Gauteng dan KwaZulu-Natal, kata pihak berwenang, tetapi situasinya jauh masih memanas.

Kekerasan pecah setelah Zuma mulai menjalani hukuman 15 bulan karena penghinaan terhadap pengadilan pada hari Kamis.

Baca Juga : Harga Minyak Dunia Melenting Akibat Kerusuhan Kazakhstan

Dia telah menolak untuk mematuhi perintah pengadilan untuk bersaksi pada penyelidikan yang didukung negara yang menyelidiki tuduhan korupsi ketika dia menjadi presiden dari 2009 hingga 2018.

Kerusuhan sejak itu meningkat menjadi penjarahan di daerah perkampungan di dua provinsi, meskipun belum menyebar ke tujuh provinsi lainnya di Afrika Selatan, di mana polisi bersiaga.

“Unsur kriminal telah menunggangi situasi ini,” kata Perdana Menteri David Makhura dari provinsi Gauteng.

Baca Juga : Harga Minyak Dunia Melenting Akibat Kerusuhan Kazakhstan

Di kotapraja Daveyton, sebelah timur Johannesburg, lebih dari 100 orang, termasuk wanita, anak-anak dan orang tua, ditangkap karena mencuri dari toko-toko di dalam mal Mayfair Square.

Beberapa dari mereka yang ditangkap berdarah dari pecahan kaca di lantai yang licin karena tumpahan susu, minuman keras, yogurt, dan cairan pembersih yang dicuri dari toko.

Bentrokan terus berlanjut saat keamanan dan polisi menembakkan granat kejut dan peluru karet untuk mendorong mundur para perusuh, yang memasuki toko-toko dengan melewati pintu masuk pengiriman, pintu keluar darurat dan memanjat atap.

Baca Juga : Harga Minyak Dunia Melenting Akibat Kerusuhan Kazakhstan

Bongani Mokoena, seorang karyawan di sebuah toko perlengkapan mobil, mengatakan para perusuh telah mengambil segalanya dari toko, termasuk baterai dan peredam kejut.

Menjelang sore polisi berhasil mengamankan mal, tetapi para perusuh tetap berada di luar, melemparkan batu ke arah polisi dan berteriak untuk membebaskan mereka yang ditangkap. Saat malam tiba, lebih banyak perusuh berkumpul di sekitar mal dan polisi mendirikan barikade untuk mencoba mengusir mereka.

Komentar
Berita Terbaru