Rabu, 09 November 2022 16:13

Kementerian PUTR Segera Tinjau Markas PSM Stadion BJ Habibie, Ini Jadwalnya

Penampakan Stadion BJ Habibie dari atas. (foto:ig/@mataproyek)
Penampakan Stadion BJ Habibie dari atas. (foto:ig/@mataproyek)

ABATANEWS, MAKASSARKementerian PUTR akan segera meninjau markas PSM Makassar, Stadion BJ Habibie. Peninjauan ini dilakukan sebagai langkah kelayakan venue pertandingan sepak bola yang digunakan tim Liga 1.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Sulsel, Ahmad Asiri mengatakan kunjungan ini akan dilakukan pada 29 November 2022. Nantinya, peninjauan akan dilakukan oleh tim dari pusat dan pihak Balai.

“Tim Tanggal 29 rencananya akan dilakukan peninjauan di lapangan,” ujar Ahmad Asirisaat dihubungi di Makassar, Rabu (9/11/2022).

Baca Juga : PSM Makassar Punya Peluang Besar Perlebar Jarak dengan Pesaing di Papan Klasemen

Menurutnya, peninjauan yang akan dilakukan di markas Pasukan Ramang telah memenuhi syarat. Apalagi, pihaknya telah melakukan survei pengumpulan data awal yang menjadi kebutuhan tim peninjau.

Namun, peninjauan ini tak langsung membahas terkait renovasi Stadion BJ Habibie. Melainkan bakal dilakukan pengumpulan data terkait kekurangan stadion.

Mulai dari data awal atau profil bangunan, data fisik bangunan baik arsitektur dan strukturnya. Data-data itu, menurutnya masih awal dan akan dibahas oleh tim yang dibentuk oleh balai.

Baca Juga : Venue Pekan Kelima Arema FC versus PSM Berubah, Dilaksanakan di Stadion Batakan

“Ini nanti akan disampaikan dan direkomendasikan kepada menteri PUPR kaitan dengan kondisi rill. Kita belum berbicara renovasi stadion, kita masih bicara kondisi rill. Nanti, kondisi itu akan dibicarakan di lampirkan,” jelasnya.

Diketahui, pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR akan melakukan audit di seluruh stadion di Indonesia. Audit ini, sebagai imbas tragedi Kanjuruhan beberapa waktu lalu yang menewaskan 135 orang.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebelumnya mengatakan, setidaknya 22 stadion di Indonesia telah diaudit. Nantinya, stadion-stadion ini akan dilakukan renovasi agar lebih layak digunakan.

Baca Juga : Kualifikasi Piala Dunia, Tak Ada Pemain PSM Makassar Dipanggil Timnas Indonesia

“Semua yang diaudit ada 21 dan satu itu di Kanjuruhan akan kita renovasi saat ini sedang di desain, mudah-mudahan Desember ini sudah bisa lelang,” demikian Basuki Hadimuljono di Solo, pada 4 November 2022 lalu.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar