Minggu, 03 Maret 2024 18:30

Kemenhub Buka Layanan Mudik Gratis, Mulai Daftar Besok di Laman Ini

ilustrasi mudik (Foto: freepik)
ilustrasi mudik (Foto: freepik)

ABATANEWS, JAKARTA — Kementerian Perhubungan Republik Indonesia telah mengumumkan program mudik gratis untuk memfasilitasi para pemudik dalam merayakan Idul Fitri 1445 H.

Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin merayakan lebaran bersama keluarga tanpa harus khawatir dengan biaya transportasi.

Pendaftaran mudik gratis ini sudah mulai dibuka pada besok, Senin 4 Maret 2024. Untuk pengangkutan kendaraan mudik motor gratis akan dimulai pada 2-8 April. Sementara untuk pengangkutan arus balik dilakukan pada 13-19 April 2024.

Baca Juga : Hasil Survei Saat Ramadan, Pengeluaran Terbesar Masyarakat Indonesia Dikeluarkan saat Bukber

Masyarakat bisa mendaftar melalui website resmi yakni mudikgratis.dephub.go.id dengan persyaratan: (1) KTP, (2), kartu keluarga, (3) SIM dan STNK yang masih berlaku atau tidak mati pajak, dan (4) besaran motor kurang dari 200 cc.

masyarakat juga bisa mendaftar secara langsung di 18 stasiun yang telah ditetapkan yakni Stasiun Cilegon, Jakarta Gudang, Tanggerang, Depok Baru, Bekasi, Kiaracondong, Kutoarjo, Lempuyangan, Purwosari, Semarang Tawang, Madiun, Cirebonprujakan, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Kroya, Gombong, dan Kebumen.

DJKA juga menyebut orang yang bisa menumpangi kereta hanya dua orang dari motor yang akan diangkut yaitu pengendara dan pembonceng. Lebih dari itu diperbolehkan dengan catatan orang ketiga merupakan anak di bawah usia 2 tahun.

Baca Juga : Silaturahmi Idul Fitri, Danny Pomanto dan OPD Pemkot Sambut Kapolda Sulsel di Kediaman

“Tujuan motis ini untuk menekan pemudik dengan kendaraan sepeda motor,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, DJKA Kemenhub, Arif Anwar dikutip Minggu (3/3/2024).

Kuota mudik motor gratis Lebaran 2024 mencapai 12.180 unit sepeda motor. Sedangkan, kuota untuk penumpang sebesar 28.196 per orang.
“Jadi, nanti masing-masing peserta mudik motor gratis ini akan memperoleh dua tiket kereta api,” ucapnya.

Penulis : Azwar
Komentar