Kamis, 31 Agustus 2023 10:11

Keindahan Danau Toba Jadi Google Doodle Hari Ini

Keindahan Danau Toba Jadi Google Doodle Hari Ini

ABATANEWS.COMGoogle Doodle menampilkan salah satu ikon pariwisata terbaik di Indonesia, hari ini (31/8/2023). Yaitu Danau Toba.

Danau yang terletak di Sumatera Utara itu sedang dirayakan sebagai Global Geopark UNESCO yang ke-4.

Penetapan situs yang berada di Indonesia tersebut berlangsung dalam sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris. Prancis tahun 2020. Dalam sidang itu, Dewan Eksekutif menetapkan 16 UNESCO Global Geopark baru, termasuk Kaldera Toba.

Baca Juga : Google Doodle Tampilkan Papeda, Makanan Khas Asal Papua

“Danau Toba merupakan alam akibat letusan gunung berapi dahsyat dari Kaldera Toba ribuan tahun lalu. Danau Toba juga menawarkan pemandangan indah dan merupakan rumah bagi Geopark Global UNESCO,” tulis Google.

Kaldera Danau Toba masuk daftar UNESCO setelah dinilai dan diputuskan oleh UNESCO Global Geoparks Council pada Konferensi Internasional UNESCO Global Geoparks ke-IV di Lombok, Indonesia.

Untuk diketahui, Kaldera Toba sendiri meletus lebih dari 74.000 tahun yang lalu dan menciptakan Danau Toba. Letusan besar itu menyebabkan ruang magma gunung berapi runtuh hingga membentuk pulau yang dikenal pulau Samosir.

Baca Juga : Viral Ketik Film Barbie di Google, Muncul Efek Gemerlap Kembang Api Serba Pink di Layar

Banyak wisatawan yang mengunjungi Danau Toba karena alamnya yang menakjubkan. Selain itu di Danau Toba juga terdapat aktivitas luar ruangan seperti paralayang dan juga berkayak melintasi danau.

Penulis : Azwar
Komentar