Kamis, 24 Agustus 2023 23:07

Kalahkan Tuan Rumah Thailand, Indonesia Bertemu Vietnam di Final AFF U-23

Dokumentasi skuad Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023.
Dokumentasi skuad Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023.

ABATANEWS.COMTimnas Indonesia U-23 sukses mengalahkan Timnas Thailand U-23 di semifinal Piala AFF U-23. Pertandingan yang berlangsung di Royan Provincial Stadium, berakhir 1-3 untuk kemenangan Garuda Muda, Kamis (24/8/2023).

Gol pembuka dari Timnas Indonesia dihasilkan Kelly Sroyer pada menit 10. Sepakannya di luar kotak penalti tak mampu dihalau kiper Thailand hingga berbuah gol.

Tertinggal 0-1, tuan rumah Thailand terus melakukan tekanan dengan melakukan serangan long ball. Sayangnya, rapatnya barisan pertahanan Indonesia mampu menggagalkan serangan Thailand.

Baca Juga : Mainkan Pemain Inti Lawan UAE, STY Ungkap Timnas Masih Ada Kekurangan

Malahan, Thailand kembali kebobolan lewat gol Ferrari pada menit 23. Gol itu lahir setelah Robi Darwis melemparkan bola ke jantung pertahanan Thailand dan berhasil disundul Ferrari.

Namun, keunggulan Indonesia 0-2 tak bertahan lama usai Thailand mampu memperkecil kedudukan. Gol dari tuan rumah dihasilkan Wanpraphao di menit 27 melalui sundulannya usai menerima sepakan pojok.

Meski demikian, Dewangga dan kawan-kawan mampu bermain baik hingga kembali memperlebar kedudukan. Itu, setelah Haykal melesatkan sepakan keras ke arah gawang lawan dan disundul Bromsomboon di 45+1.

Baca Juga : 3 Pemain Abroad Gabung TC Timnas di Dubai, Justin Hubner dan Nathan Masih Abu-abu

Gol bunuh diri pun tercipta sekaligus menambah keunggulan Indonesia 1-3. Gol itu, juga menandai laga babak pertama selai.

Pada babak kedua, Indonesia lebih memilih menurunkan tempo permainan dan memilih bertahan. Shin Tae-yong tampaknya meminta anak asuhnya untuk memperdalam pertahanan.

Sebab Thailand terus berusaha melakukan serangan hingga menguasai jalannya pertandingan. Sayangnya, tuan rumah gagal mengejar ketertinggalan.

Baca Juga : Bukan Karena Philippe Troussier, Eks Pemain Vietnam Ungkap Alasan Indonesia Menang 0-3

Alhasil, skor tetap 1-3 untuk kemenangan Indonesia hingga Pluit babab kedua terdengar. Dengan hasil ini, Indonesia akan berjumpa Timnas Vietnam U-23 di final Piala AFF U-23.

Sebelumnya, Vietnam mampu menang telak dari Timnas Malaysia di semifinal AFF U-23 dengan skor 1-4. Adapun laga Indonesia vs Vietnam di final nanti akan berlangsung pada Sabtu 26 Agustus mendatang.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar