Selasa, 16 Mei 2023 23:32

Juara! Indonesia Akhiri Penantian 32 Tahun

Juara! Indonesia Akhiri Penantian 32 Tahun

ABATANEWS.COM — Timnas Indonesia U-22 cabang olahraga sepakbola akhir sukses meraih medali emas Sea Games 2023.

Kemenangan ini sangat fenomenal dan bersejarah. Terakhir kali Indonesia meraih juara ini yakni pada ajang Sea Games 1991 atau 32 tahun yang lalu.

Emas pada cabang olahraga sepakbola ini juga merupakan yang ketiga kalinya sepanjang perhelatan multi event ini.

Baca Juga : Presiden Jokowi Bagi Uang ke Atlet SEA Games 2023 Kamboja: Rp525 Juta Tertinggi, Rp31 Juta Terendah

Pertandingan yang berakhir dengan skor 5-2 berlangsung sangat dramatis dan emosional. Laga ini berlangsung selama 2×45 menit plus 2×15 menit babak tambahan.

Tim Garuda nyaris saja mengakhiri pertandingan di menit 90+6 menit pada babak kedua. Saat itu, Pelatih Timnas Indonesia, Indra Sjafri sudah berlari ke lapangan dan melakukan selebrasi kemenangan.

Hanya saja, euforia Indra Sjafri beserta sejumlah pemain dan official di pinggir lapangan tertunda. Wasit rupanya belum meniup 3 kali pluit panjang tanda berakhirnya permainan.

Baca Juga : Ini Makna Pawai Juara Sea Games 2023, Dito Ariotedjo: Banyak Target Terlampaui

Dan setelah kejadian itu, tim Thailand berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di menit 90+7, sekaligus membawa permainan berlanjut ke babak tambahan waktu.

Beruntung, babak pertama pertambahan waktu atau 90+1, situasi benar-benar berubah. Indonesia kembali mencetak gol lewat sepakan Irfan Jauhari.

Usai gol tersebut, pertandingan sempat tertunda. Terjadi kericuhan di pinggir lapangan Wasit pun terpaksa mengeluarkan 2 kartu merah untuk ofisial dan pemain masing-masing tim.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Sambut Atlet yang Berlaga di Sea Games, Ada Ananda Raehan

Beberapa menit kemudian, salah satu pemain Thailand, kembali diganjar kartu merah, yang membuat keadaan menjadi sangat berpihak kepada Tim Garuda.

Hasilnya, unggul pemain itu berhasil dimanfaatkan dengan begitu baik. 2 gol tambahan kembali dibuat oleh Fajar Faturrahman (107′) dan Beckham Putra (120′) di babak kedua tambahan waktu. Skor kemenangan itu menjadi sangat meyakinkan dengan skor akhir 5-2.

Selamat, Indonesia Juara!

Baca Juga : Media Thailand Soroti Striker PSM Sananta, Dianggap Pemicu Keributan final Sea Games

Daftar pencetak gol Indonesia vs Thailand:

Indonesia: Sananta 20′, 45’+4′; I. Jauhari 91′; Fathur Rahman 107′; Beckham 120′

Thailand: Anan 65′, Burapha 90’+7′

Komentar