Kamis, 01 Februari 2024 13:01

Jokowi Sebut Akan Bertemu Mahfud MD Sore Ini

Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Wonogiri, Jawa Tengah, pada Kamis (1/2/2024). (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di Wonogiri, Jawa Tengah, pada Kamis (1/2/2024). (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

ABATANEWS, JAKARTA — Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada hari ini (1/2/2024).

Mahfud ingin menyampaikan langsung surat pengunduran dirinya selaku Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Pengunduran diri Mahfud ini karena alasan Pilpres 2024. Ia tak mau terlibat konflik kepentingan dengan jabatannya sebagai pejabat negara dan statusnya sebagai calon wakil presiden.

Baca Juga : Presiden Jokowi Tinjau Pompanisasi di Lampung Selatan, Dorong Produktivitas Pertanian

Menurut Mahfud, pertemuan langsung dengan Jokowi sangatlah penting. Sebab, hal itu dianggap sebagai bentuk penghargaan dan rasa terima kasihnya.

“Karena saya dulu diangkat dengan penuh penghormatan. Presiden memanggil saya mempercayai saya sebagai Menko Polhukam, makanya saat berhenti juga akan berjumpa langsung dengan beliau,” kata Mahfud, kemarin (31/1/2024).

“Saya menghadap Presiden sebagai etika. Kalau di Jawa itu ada istilah tinggal gelanggang colong kelayu, pergi begitu saja. Saya tidak mau pergi begitu saja, saya dengan penghormatan menghadap Presiden menyampaikan permohonan mundur,” ujarnya.

Baca Juga : Presiden Jokowi Makan Siang di RM Aroma Laut Bantaeng

Terpisah, Presiden Joko Widodo membenarkan akan bertemu dengan Mahfud MD. Katanya, akan berlangsung sore ini di Istana Bogor.

“Nanti sore mungkin ketemu dengan Pak Mahfud,” katanya, seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, pada Kamis (1/2/2024).

Ditanya perihal pertemuan itu kemungkinan akan membahas pengunduran diri Mahfud dari kabinet, Jokowi menjawab dengan santai.

Baca Juga : Berikut Agenda Presiden Jokowi di Sulsel Hari Ini

“Ya itu hak. Saya sangat menghargai,” ucapnya lagi.

Saat ini, Presiden Jokowi tengah berada di Wonogiri, Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja. Dijadwalkan, Presiden Jokowi akan kembali ke ibu kota sore nanti.

Penulis : Azwar
Komentar