Sabtu, 02 Maret 2024 14:07

Jokowi Resmikan 10 Jalan dan 1 Jembatan di Kaltim, Total Anggaran Digunakan Rp 561 Miliar

Jokowi Resmikan 10 Jalan dan 1 Jembatan di Kaltim, Total Anggaran Digunakan Rp 561 Miliar

ABATANEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 10 ruas jalan di Kalimantan Timur (Kaltim). Selain jalan, adapula satu jembatan yang turut diresmikan dengan nilai anggaran ratusan miliar.

“Sepuluh ruas jalan plus satu jembatan di Provinsi Kalimantan Timur sepanjang 50,9 kilometer telah dibangun, dengan biaya Rp561 miliar,” ujar Presiden saat meresmikan sejumlah infrastruktur tersebut di Penajam Paser Utara (PPU) Kaltim pada Jumat (1/3/2024).

Pembangunan Infrastruktur itu, didasari oleh Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah atau Inpres Jalan Daerah (IJD).

Baca Juga : IKN Sudah Bisa Dikunjungi Masyarakat Umum Mulai Besok, Harus Daftar di Aplikasi IKNOW

Pembangunan infrastruktur itu merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk meningkatkan konektivitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah.

Jalan-jalan daerah ini diharapkan akan memperlancar akses transportasi, memudahkan mobilitas warga, serta membuka peluang ekonomi baru di Kalimantan Timur.

Berdasarkan data 10 jalan dan satu jembatan ini, masing-masing menelan anggaran yang berbeda-beda. Diantaranya ruas Riko – Maridan di Kabupaten Penajam Paser Utara sepanjang 6,5 kilometer dengan biaya Rp44,7 miliar.

Baca Juga : Jokowi Berikan Bonus Atlet Paralimpiade Paris 2024, Totalnya Rp 6 Miliar

Kemudian akses ke Wisata Goa Batu – Tapak Raja di Kabupaten Penajam Paser Utara sepanjang 9,6 kilometer dengan biaya Rp91,3 miliar. Lalu jembatan Akses ke Wisata Goa Batu – Tapak Raja di Kabupaten Penajam Paser Utara sepanjang 20 meter dengan biaya Rp8 miliar.

Berikutnya Loleng di Kabupaten Kutai Kartanegara sepanjang 2,5 kilometer dengan biaya Rp26,1 miliar. Simpang Batu – Labuan di Kabupaten Paser sepanjang 5,8 kilometer dengan biaya Rp50,2 miliar.

Selanjutnya Simpang Poros Tanjung Isuy – Tanjung Jan – Pulau Lanting di Kabupaten Kutai Barat sepanjang 4,8 kilometer dengan biaya Rp45,4 miliar. Proklamasi di Kota Balikpapan sepanjang 2,5 kilometer dengan biaya Rp43,4 miliar.

Baca Juga : Jokowi Lantik Aida Suwandi Budiman sebagai Anggota Dewan Komisioner LPSK

Akses Pelabuhan Kenyamukan di Kabupaten Kutai Timur sepanjang 0,65 kilometer dengan biaya Rp89,4 miliar. Ir. Soekarno-Hatta – M. Roem – Urip Soemohardjo di Kota Bontang sepanjang 4 kilometer dengan biaya Rp54,1 miliar.

Lenggo – Teluk Sulaiman di Kabupaten Berau sepanjang 8 kilometer dengan biaya Rp59,1 miliar dan Long Hubung – Jalan Poros di Kabupaten Mahakam Ulu sepanjang 6,5 kilometer dengan biaya Rp49,1 miliar.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar