Kamis, 14 Maret 2024 09:03

Jokowi Minta Desain Istana Wakil Presiden di IKN Segera Diubah

Dok. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Antara)
Dok. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Antara)

ABATANEWS, JAKARTA — Presiden Joko Widodo belum sreg dengan desain istana Wakil Presiden RI yang akan dibangun di Ibu Kota Nusantara. Makanya, desain istana itu diminta untuk segera diubah.

Hal itu disampaikan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljo di Istana Kepresidenan, pada Rabu (13/3/2024).

Padahal, menurut Basuki, desain awal untuk pembangunan Istana wapres sebelumnya telah disetujui dan telah ada pemenang lelangnya.

Baca Juga : Jokowi Serahkan Penandatanganan Keppres IKN ke Prabowo

“Desainnya berubah. Waktu lelang pertama kami dengan desain juara pertama, tetapi setelah dilihat Bapak Presiden, perlu direvisi sehingga kita revisi,” kata Basuki.

Rencananya, pembangunan istana wapres akan dimulai pada Juli mendatang. Dibutuhkan sekitar setahun untuk merampungkan pengerjaan itu.

Namun, dengan adanya permintaan perubahan ini, Basuki belum bisa berbuat banyak. Sebab, katanya, belum diketahui, apakah akan dilakukan lelang desain istana ulang atau tetap meneruskan yang sebelumnya.

Baca Juga : Presiden Jokowi: Pemindahan Ibu Kota ke IKN Butuh Kesiapan Total, Bukan Sekadar Formalitas

“Kalau istana wapres, saya enggak tahu lelang ulang atau meneruskan yang kemarin,” ujarnya.

Seperti diketahui, istana wapres itu nantinya kemungkinan besar akan dihuni oleh Gibran Rakabuming Raka yang tak lain merupakan putra sulungnya.

Gibran, berdasarkan hasil rekapitulasi di sejumlah KPU, berhasil memenangkan Pilpres 2024, yang berpasangan dengan calon presiden, Prabowo Subianto.

Penulis : Azwar
Komentar