Rabu, 22 Maret 2023 10:14

Jelang Ramadan, Kemenag Sulsel Pantau Hilal di Takalar

Pemantauan Hilal di Rooftop Mall GTC Tanjung Bunga Makassar beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. Abatanews)
Pemantauan Hilal di Rooftop Mall GTC Tanjung Bunga Makassar beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. Abatanews)

ABATANEWS, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan melakukan pemantauan Hilal (Rukyatul Hilal).

Pemantauan akan dilaksanakan di Pantai Galesong, Kabupaten Takalar, Sulsel, pada Rabu (22/3/2023).

Kepala Bidang Urais Kanwil Kemenag Sulsel, Wahyuddin Hakim mengatakan pemantauan Hilal tahun ini tak lagi dilaksanakan di Mall GTC Makassar.

Baca Juga : Hasil Survei Saat Ramadan, Pengeluaran Terbesar Masyarakat Indonesia Dikeluarkan saat Bukber

Namun kali ini pelaksanaannya akan digelar di Pantai Galesong Takalar dengan melibatkan banyak elemen.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, rukyatul hilal tahun ini akan melibatkan ormas islam dan perwakilan universitas islam,” ujar Wahyuddin Hakim.

Ia menjelaskan, elemen yang akan turut hadir dalam pemantauan Hilal, diantarnya seluruh Ormas Islam dan perwakilan universitas islam di Makassar.

Baca Juga : Ini Jadwal Sidang Isbat Awal Syawal 1445 H dan Penentuan Hilal di Seluruh Indonesia

Seperti UIN Alauddin Makassar, Universitas Muslim Indonesia dan Universitas Muhammadiyah, serta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar.

Adapun hasil Rukyatul Hilal yang akan dilaksanakan di Pantai Galesong dan 123 lokasi lainnya di seluruh Indonesia ini menjadi rujukan penentuan awal Ramadan 1444 Hijriyah.

Sementara Sidang Isbat akan digelar Ditjen Bimas Kemenag RI, dengan dihadiri Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, dan lainnya pada tanggal 22 maret 2023 malam.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar