Selasa, 05 Maret 2024 11:08

Jelang Ramadan dan Idulfitri, Bapenas dan Bulog Akan Salurkan Bantuan Beras dari CBH

Dok. Cadangan beras Bulog. (foto: Bulog)
Dok. Cadangan beras Bulog. (foto: Bulog)

ABATANEWS.COM – Badan Pangan Nasional (Bapanas) bekerja sama dengan Perum BULOG siap menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat. Bantuan beras ini, untuk Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dari Cadangan Pangan Pemerintah (CBP).

Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan Bapanas, Rahmi Widiriani, mengatakan bantuan beras ini, akan dilaksanakan menjelang Hari Keagamaan Besar Nasional (HKBN). Diantaranya jelang bulan suci Ramadan dan hari raya Idulfitri 2024.

“Memang sudah menjadi komitmen, Kepala Bapanas sudah berkoordinasi dengan Perum BULOG untuk menggelontorkan beras SPHP dari CBP lagi secepatnya,” kata Rachmi pada Forum Media Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema “Persiapan Ramadan. Kondisi Harga Bahan Pokok” Senin (4/3/2024).

Baca Juga : Hasil Survei Saat Ramadan, Pengeluaran Terbesar Masyarakat Indonesia Dikeluarkan saat Bukber

Rachmi menyatakan, izin untuk mengimpor beras sudah diberikan pemerintah. Sehingga cadangan beras pemerintah tetap stabil meskipun berkurang karena disalurkan kepada masyarakat.

“izin sudah diberikan, posisi sekarang berada di 1,26 juta ton di BULOG. BULOG juga bertugas untuk menstabilkan dengan batas 1,2 juta ton dan di jalan sedang ada 400 ribuan ton yang akan masuk ke Indonesia,” ujar Rachmi.

Selain di pasar tradisional, beras CBP pun akan dijual di pasar komersil bersama dengan beras premium dengan ketentuan sudah masuk Harga Estimasi Tertinggi (HET).

Baca Juga : Silaturahmi Idul Fitri, Danny Pomanto dan OPD Pemkot Sambut Kapolda Sulsel di Kediaman

“Beras CBP juga akan dijual di pasar komersil atau pasar premium dengan rincian 200 ribu ton dan jika habis akan ditambahkan. Biasanya premium itu di mix, mereka tidak menjual satu jenis beras, dan CBP kami masuk di HET premium,” tambah Rachmi.

Penulis : Wahyuddin
Komentar