Senin, 18 September 2023 17:10

Jelang Pilkada, Pj Bupati Takalar Deklarasikan Netralitas ASN, Kades dan Perangkat Desa 

Jelang Pilkada, Pj Bupati Takalar Deklarasikan Netralitas ASN, Kades dan Perangkat Desa 

ABATANEWS, TAKALAR – Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di tahun 2024 sudah semakin dekat.

Untuk menjamin terjaganya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Pj Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, M. Dev. Plg mendeklarasikan netralitas ASN, Kepala Desa dan Perangkat Desa.

Pendeklarasian tersebut dilaksanakan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Takalar setelah Upacara Bendera Kesadaran Nasional, Senin (18/9/2023).

Baca Juga : Pj Bupati Lantik 7 Pejabat Eselon II Lingkup Pemerintah Kabupaten Takalar

Pj. Bupati dalam deklarasi tersebut menegaskan bahwa setiap ASN, Kepala Desa dan Perangkat Desa dilarang memberikan dukungan kepada calon dengan cara tidak ikut melakukan kampanye.

“Bahkan tidak menjadi peserta kampanye dengan menggunakan atribut partai atau atribut ASN, tidak mengarahkan ASN lain dan tidak menggunakan fasilitas negara,” tegas Setiawan Aswad.

Selain itu, ia menegaskan ASN, Kades hingga perangkat daerah tidak membuat keputusan atau tindakan yang menguntungkan, merugikan salah satu pasangan calon.

Baca Juga : Pj Bupati Takalar Pimpin Rapat Evaluasi dan Pengawasan Kinerja Pemerintah Daerah Takalar Melalui Aplikasi Ewaki

Terutama, sebelum atau selama dan sesudah masa kampanye, tidak mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap pasangan calon yang menjadi peserta pemilu.

Meliputi pertemuan, ajakan, himbauan, seruan, atau pemberian barang kepada ASN dalam lingkungan unit kerja, anggota keluarga dan masyarakat dan tidak memberikan surat dukungan disertai fotocopy kartu tanda penduduk atau surat keterangan tanda penduduk.

“ASN menjadi komponen penting pemerintahan untuk menjamin berlangsungnya Pemilu dan Pemilukada tahun 2024, ASN harus tetap pada kedudukan profesional dan tidak memihak pada kontestan politik yang akan bertanding di Pemilu maupun Pemilukada. Meskipun sejatinya ASN memang memiliki hak pilih dalam setiap pesta demokrasi yang berlangsung,” jelasnya.

Baca Juga : Takalar Ikut Andil Pecahkan Rekor MURI Sulsel Menari Bersama 24 Kabupaten/Kota

Pj. Bupati berharap agar semua memahami dan tetap menjaga netralitas dalam pemilu. Kita sebagai ASN yang menjalankan roda pemerintahan harus tetap pada posisi netral siapapun pemenangnya.

Turut dihadiri pada Upacara tersebut Forkopimda Takalar, Sekda Takalar, para ASN lingkup Kab. Takalar, para Camat serta para Kepala Desa/Lurah se-Kab. Takalar.

Penulis : Wahyuddin
Komentar