Selasa, 22 Oktober 2024 19:06

Jejak Kerja Nyata Andi Sudirman di Kota Kalong, Mulai Jembatan Terpanjang Hingga Merintis Jalan Soppeng-Barru

Salah satu infrastruktur jembatan yang berhasil di bangun oleh Andi Sudirman Sulaiman saat menjabat Gubernur Sulsel di Soppeng. (Istimewa)
Salah satu infrastruktur jembatan yang berhasil di bangun oleh Andi Sudirman Sulaiman saat menjabat Gubernur Sulsel di Soppeng. (Istimewa)

ABATANEWS, SOPPENG – Sejumlah program prioritas dan pembangunan di Kabupaten Soppeng yang telah dilakukan kala kepemimpinan Andi Sudirman Sulaiman saat menjabat Gubernur Sulsel periode 2021-2023. Pembangunan maupun program yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, baik pada sektor infrastruktur, pengembangan Kawasan wisata, sektor pertanian, sektor perikanan dan kelautan, maupun bantuan lainnya.

Sektor infrastruktur menjadi prioritas di era kepemimpinan Andi Sudirman Sulaiman yang dikerjakan secara bertahap. Terlebih, infrastruktur ini langsung menyentuh manfaatnya ke masyarakat banyak.

Di antaranya ruas Takkalalla – Cabbenge – Salaonro; ruas Salaonro – Pompanua; ruas Salaonro – Ulugalung; dan ruas Lajoa – Pacongkang – Citta – Tobenteng. Termasuk merintis akses baru yang menghubungkan Soppeng ke Kabupaten Barru melalui ruas Takkalasi – Bainange – Lawo. Ruas ini pun berhasil dibangun dan memangkas jarak tempuh sekitar 30 km jika dibandingkan melalui ruas Bulu Dua. Sekaligus membuka akses bagi masyarakat terisolir.

Baca Juga : Survei PPI di Pilgub Sulsel: Paslon DIA Unggul Tipis dari Andalan Hati di Kota Makassar

Sejumlah infrastruktur jembatan juga telah dibangun, di antaranya Jembatan Sungai Walemping dan membangun jembatan pelengkung rangka baja terpanjang Jembatan Andalan Pacongkang. Jembatan ini menggantikan jembatan kayu gantung yang sudah berusia 30 tahun lamanya.

Di sektor pertanian, Kabupaten Soppeng mendapat sejumlah bantuan sarana dan prasarana bagi petani. Termasuk menjadi sasaran dalam penyaluran bantuan program mandiri benih. Telah disalurkan bantuan benih padi unggulan secara gratis sebanyak 132 ton lebih benih padi untuk ditanam di lahan pertanian seluas 5.287 hektar.

Dalam mendukung peningkatan hasil pertanian masyarakat, Pemprov Sulsel juga telah melakukan penanganan pada Daerah Irigasi Salobunne.

Baca Juga : Survei Pilgub Sulsel CPI-LSI: Andalan Hati 61,4%, DIA 12,9%

Mendukung pembangunan di daerah, Andi Sudirman Sulaiman juga mengalokasikan bantuan keuangan di daerah. Dalam dua tahun terakhir, Soppeng mendapatkan alokasi bantuan keuangan yang bernilai besar dari Pemprov Sulsel. Tahun 2020 telah mengalokasikan senilai Rp20 miliar untuk penataan Kawasan Wisata Alam Lejja. Tahun 2023 lalu, dialokasikan senilai Rp12 miliar untuk melanjutkan pembangunan wisata alam Lejja, infrastruktur, dan lainnya.

Pengembangan Kawasan wisata ini menjadi salah satu prioritas Andi Sudirman Sulaiman. Hal itu sebagai wujud menggeliatkan sektor wisata Andalan di Sulsel ini. Apalagi Kawasan wisata alam lejja ini terkenal dengan kolam air panasnya.

Bukti nyata pembangunan oleh Andi Sudirman Sulaiman diakui oleh Bupati Soppeng, Kaswadi Razak. Menurutnya, pembangunan nyata itu telah dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Soppeng.

Baca Juga : Danny Pomanto di Akhir Pekan, Main Asing-Asing Hingga Nyanyi Bareng Pengunjung CFD Boulevard

“Mewakili masyarakat Kabupaten Soppeng, kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Andi Sudirman Sulaiman yang telah membantu masyarakat yang sangat luar biasa pembangunannya. Beliau membangun jembatan Pacongkang, memberikan bantuan keuangan untuk wisata Lejja, serta mengalokasikan anggaran besar untuk membangun infrastruktur di Soppeng,” ujarnya.

”Sama halnya di sektor pertanian dan pendidikan, perhatiannya juga luar biasa. Artinya tidak ada alasan bagi kami untuk tidak memilih orang yang telah membangun dan memperhatikan Kabupaten Soppeng. Mari kita sama-sama sukseskan pesta demokrasi ini dengan memenangkan nomor 02, Andalan – Hati,” pungkasnya.

Saat ini, Andi Sudirman Sulaiman bersama Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) menjadi salah satu pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Periode 2024-2029, dengan mengusung tagline Sulsel Maju dan Berkarakter. Andalan – Hati berkomitmen dalam melanjutkan pembangunan di Sulsel untuk mewujudkan Sulawesi Selatan maju dan berkarakter.

Penulis : Azwar
Komentar