Sabtu, 01 April 2023 14:13

Jalani Puasa Ramadan Tapi Tidak Salat, Ini Kata Ustazah Oki Setiana Dewi

Foto: Freepik.com/rawpixel.com
Foto: Freepik.com/rawpixel.com

ABATANEWS.COM – Puasa di bulan Ramadan merupakan ibadah wajib yang harus dijalankan oleh seluruh umat muslim. Namun, tak jarang beberapa umat muslim yang berpuasa lalai untuk mengerjakan kewajiban lainnya.

Salah satu kewajiban yang kerap dilupakan saat berpuasa adalah salat 5 waktu. Padahal, salat merupakan rukun islam yang wajib dikerjakan umat muslim, khususnya bagi yang sudah baligh.

Lantas, bagaimana jika seorang muslim yang berpuasa tapi tidak salat wajib?

Baca Juga : Viral Polisi Bagi-bagi Takjil Tapi Pengendara Takut Lewat, Dikira Ada Razia

Menanggapi pertanyaan tersebut, ustazah Oki Setiana Dewi pernah memberikan penjelasan terkait menjalani puasa tapi tidak salat pada salah satu tausiyahnya.

“Ada mereka yang puasa tapi enggak sholat. Ada enggak begitu? Ada di luar sana. Puasanya jalan, enggak makan, enggak minum tapi salatnya bolong-bolong,” kata Ustadzah Oki Setiana Dewi membuka penjelasan, dikutip dari video di kanal YouTube Tamhidan.

Ada yang berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam tapi lupa melaksanakan salat wajib. Padahal, salat adalah tiang agama. Salat adalah pembeda antara orang yang beriman dan tidak beriman.

Baca Juga : Pastikan Karyawan Tetap Sehat Selama Ramadan, Huadi Group Lakukan Cek Kesehatan

“Bagaimana mungkin ini bisa terjadi sementara kita tahu bahwa salat adalah tiang agama? Salat adalah pembeda antara orang beriman dengan orang yang tidak beriman. Dia melaksanakan wajib yang satu yaitu puasa tapi dia lupakan wajib yang lain,” lanjutnya.

Ustadzah Oki Setiana Dewi pun mengutip jawaban Syekh Muhammad Bin Sholih Al Utsaimin yang menjelaskan tentang orang yang berpuasa tapi meninggalkan salat.

“Puasa yang dilakukan oleh orang yang meninggalkan salat tidaklah diterima. Karena orang yang meninggalkan salat berarti dia tidak beriman kepada Allah SWT,” tambahnya.

Baca Juga : Pekan Kedua Ramadan, Jemaah Gerakan Makassar Salat Subuh Berjemaah Semakin Padat

Orang yang berpuasa tapi meninggalkan salat wajib diibaratkan seperti mengambil air dengan ember yang bocor.

“Jadi bagaimana mungkin ada orang yang puasa tapi enggak salat? Itu ibarat kita ngambil air di ember yang bolong, di ember yang bocor. Ibaratnya begitu. Merasa dapat pahala tapi enggak ada pahalanya sama sekali,” tutupnya.

Demikianlah penjelasan mengenai hukum berpuasa tapi tidak menjalankan salat 5 waktu menurut ustazah Oki Setiana Dewi.

Penulis : Nidi
Komentar