Selasa, 11 Juni 2024 16:07

Jaga Stabilitas Jelang Lebaran, Pemkab Luwu Utara Gelar Gerakan Pangan Murah

Jaga Stabilitas Jelang Lebaran, Pemkab Luwu Utara Gelar Gerakan Pangan Murah

ABATANEWS, LUWU UTARAPemkab Luwu Utara Kembali menggelar Gerakan pangan murah. Kegiatan ini dalam rangka menyambut hari besar keagamaan Nasional serta menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan.

Gerakan pangan murah ini berlangsung selama dua hari 11 sampai 12 Juni 2024 di halaman kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah. Kegiatan ini juga digelar serentak se Sulawesi Selatan dan dibuka langsung oleh Pj Gubernur Sulawesi Selatan Prof Sudan via zoom.

“Kegiatan ini sebagai upaya pemerintah untuk mencegah inflasi jelang Idul Adha. Di minggu pertama Juni Indeks Perkembangan Harga (IPH) yang terhitung dari data BPS ada di minus 1,59,” kata Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat meninjau langsung harga pangan di kegiatan tersebut.

Baca Juga : Pesan Bupati Indah Saat Perayaan Idul Adha di Masjid Syuhada

“Dari 20 jenis komoditi, beberapa relatif stabil dan mengalami penurunan salah satunya beras. Dari data Bulog dan ketahanan pangan, beras kita surplus di Luwu Utara bahkan harga di pasaran jauh lebih murah dari HET (Harga eceran tertinggi) yang ditentukan oleh Bapanas yaitu 11.500 per kg. Sementara untuk cabe rawit mengalami peningkatan harga,” sambung Indah.

Bupati perempuan pertama di Sulsel itu juga menyampaikan kegiatan pangan murah akan berlangsung pada Kamis mendatang.

“Mengingat Iduladha Senin mendatang dan melihat antusiasme masyarakat, saya berharap melalui kegiatan ini dapat membantu meringankan beban pengeluaran warga untuk 20 jenis komoditi yang menjadi fokus kita dalam pengendalian inflasi,” harap bupati perempuan perempuan pertama di Sulsel ini.

Baca Juga : Bupati Indah Respon Motif Tenun Rongkong di Gedung Baru Kemenkumham Provinsi Sulsel

Indah mengatakan pemerintah juga terus berupaya untuk menjaga pasokan pangan agar harga dan stok pangan tetap stabil.

“Karena kalau pasokan tidak banyak pasti harganya akan tinggi begitu pun sebaliknya dan kita berupaya harganya lebih terjangkau lagi,” terang Isteri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi.

Penulis : Azwar
Komentar