Minggu, 07 April 2024 17:05

Jadwal Uji Coba Terakhir Timnas Indonesia Sebelum Tampil di Piala Asia U-23

Starting eleven Timnas Indonesia vs Timnas Turkmenistan di kualifikasi Piala Asia U-23 di Stasion Manahan Solo, Jawa Tengah yang berakhir 2-0 untuk Indonesia, Selasa (12/9/2023).
Starting eleven Timnas Indonesia vs Timnas Turkmenistan di kualifikasi Piala Asia U-23 di Stasion Manahan Solo, Jawa Tengah yang berakhir 2-0 untuk Indonesia, Selasa (12/9/2023).

ABATANEWS.COMTimnas Indonesia masih akan melakoni uji coba sebelum tampil di Piala Asia U-23 di Qatar. Tercatat, Garuda Nusantara masih menyisakan satu uji coba.

Adalah melawan Uni Emirat Arab (UAE) pada 10 April 2024 mendatang. Uji coba ini sekaligus memantapkan skuad besutan Shin Tae-yong sebelum tampil di ajang sesungguhnya.

Sayangnya, pada uji coba pertama, Ramadan Sananta dan kawan-kawan harus takluk dari Arab Saudi. Pertandingan tersebut berakhir 1-3 yang berlangsung di The Sevens Stadium, Dubai, Jumat (5/4/2024) waktu setempat.

Baca Juga : Erick Thohir Tinjau SUGBK Jelang Laga Idonesia versus Australia

Shin Tae-yong menegaskan tidak puas dengan hasil kekalahan yang diderita anak asuhnya meski hanya laga uji coba. Namun, ia bisa melihat seberapa jauh kelemahan tim dalam uji coba tersebut.

“Pastinya belum puas. Tetapi dengan pergantian pemain, hampir semua dimainkan di babak pertama dan kedua untuk cek kondisi para pemain serta secara isi pertandingan tidak terlalu jelek,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari lama resmi PSSI, Minggu (7/4/2024).

Maka dari itu, pada uji coba berikutnya dirinya akan lebih memaksimalkan tim. Terutama pada lini pertahanan yang dianggap cukup rapuh karena absennya sejumlah pilar.

Baca Juga : Segera Dinaturalisasi, Mees Hilgers: Timnas Belanda Hebat Tapi Indonesia Penting Bagiku

Misalnya Alfredo Dewangga yang dibekap cedera dan Justin Hubner yang belum diizinkan oleh klub, Cerez Osaka untuk gabung Timnas Indonesia. Kabarnya, Justin baru dilepas Cerez Osaka pada 17 April 2024 mendatang.

“Untuk uji coba berikutnya lawan Uni Emirat Arab, akan dimainkan untuk pemain inti dulu, untuk mengantisipasi permainan lawan Qatar nanti tanggal 15 (April). Pastinya tim inti akan dimainkan lebih banyak. Selain tim inti akan ada kesempatan lagi bagi pemain lain,” tambahnya.

Indonesia sendiri, tergabung dalam Grup A Piala Asia U-23 bersama tuan rumah Qatar, Australia dan Yordania. Setelah laga perdana melawan Qatar pada 15 April, Indonesia akan melawan Australia pada 18 April dan Yordania pada 21 April mendatang.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar