Senin, 01 Juli 2024 12:12

Jadwal Timnas Indonesia vs Australia: Nova Arianto Waspadai 3 Pemain Lawan

Jadwal Timnas Indonesia vs Australia: Nova Arianto Waspadai 3 Pemain Lawan

 

ABATANEWS, SOLO — Timnas U16 Indonesia akan bertemu Australia dalam laga semifinal ASEAN U16 Boys Championship 2024 atau Piala AFF U16 2024. Pertandingan yang sangat dinantikan ini akan digelar pada Senin (1/7/2024) di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, dengan jadwal kick off pukul 19.30 WIB.

Skuad Garuda Asia datang dengan catatan sempurna sebagai juara Grup A setelah meraih sembilan poin dari tiga pertandingan.

Baca Juga : Shin Tae-yong Tidak Dibebani Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026

Indonesia tampil dominan di fase grup, mengalahkan Singapura dan Filipina masing-masing dengan skor 3-0, serta membungkam Laos 6-1. Menghadapi semifinal, pelatih Nova Arianto fokus pada strategi untuk mengatasi keunggulan postur tubuh pemain Australia.

“Postur tubuh pemain Australia cukup tinggi dan itu yang harus kami antisipasi, selain visi bermain mereka yang sangat baik. Kami harus fokus dan memperbaiki permainan untuk meraih hasil yang lebih baik,” papar Pelatih Timnas Indonesia U16, Nova Arianto.

Australia sendiri memiliki catatan serangan yang mengesankan di Grup C, mencetak 14 gol dari tiga pertandingan, termasuk kemenangan besar 12-0 melawan Timor Leste. Nova Arianto menyebut tiga pemain Australia yang perlu diwaspadai, yaitu Nicolas Alfaro (nomor 10), Jordan Graoroski (nomor 9), dan Quinn MacNicol (nomor 22).

Baca Juga : Bantai Vietnam 5-0, Indonesia Raih Juara Ketiga Piala AFF U-16

“Ketiga pemain ini menjadi kunci permainan Australia dan kami harus waspada terhadap mereka,” kata Nova.

Keunggulan lain bagi Indonesia adalah waktu pemulihan yang lebih panjang. Skuad Garuda Asia menyelesaikan pertandingan grup terakhir pada Kamis (27/6/2024), sedangkan Australia baru bermain pada Sabtu (29/6/2024). Meskipun demikian, pelatih timnas U16 Australia, Bradly John Maloney, tetap optimis.

“Kami baru bermain kemarin, namun ini adalah tantangan yang harus dihadapi. Saya yakin para pemain kami dalam kondisi baik untuk pertandingan besok,” ujar Maloney.

Baca Juga : Sempat Alot, PSSI Resmi Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Pertandingan ini menjanjikan duel seru antara dua tim kuat yang sama-sama ingin melangkah ke final Piala AFF U16 2024. Mampukah Timnas U16 Indonesia mengatasi tantangan fisik dan taktis dari Australia? Semua akan terjawab di Stadion Manahan malam ini.

Penulis : Azwar
Komentar