Selasa, 04 April 2023 11:10

Jadi Takjil Favorit Saat Buka Puasa, Begini Tips Sehat Makan Gorengan

Ilustrasi Gorengan. Freepik.com/odua
Ilustrasi Gorengan. Freepik.com/odua

ABATANEWS.COM – Gorengan menjadi salah satu camilan favorit orang Indonesia saat berbuka puasa. Rasa yang lezat dan mudah dibuat menjadi salah satu alasan makanan ini dipilih sebagian orang saat berbuka.

Dibalik kelezatannya, mengonsumsi gorengan berlebihan dan terus-menerus bisa berdampak buruk pada kesehatan. Salah satunya adalah menyebabkan obesitas dan kadar kolesterol naik karena kandungan minyak berlebih pada gorengan.

Padahal jika diolah dengan baik dan porsinya dibatasi, gorengan tidak akan menjadi sumber masalah kesehatan. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini tips aman makan gorengan saat berbuka puasa:

Baca Juga : Hukum Membatalkan Puasa Ramadhan Saat Perjalanan Mudik

Gunakan Minyak Baru

Gunakan minyak baru untuk menggoreng agar kualitas gorengan lebih sehat. Minyak yang sudah berwarna gelap atau hitam menandakan sudah mengandung zat karsinogenik yang bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti kolesterol hingga kanker. Sebaiknya gunakan minyak zaitun, minyak canola, minyak jagung atau minyak kelapa untuk pilihan lebih sehat.

Bikin Gorengan Sendiri di Rumah

Baca Juga : Bisakah Memperbaiki Pahala Puasa yang Hilang Karena Marah? Ini Penjelasan Buya Yahya

Sebagai alternatif yang lebih sehat, Anda bisa membuat gorengan sendiri di rumah. Dengan mengolah sendiri, Anda bisa mengetahui kualitas bahan dan proses pembuatan yang dijamin lebih aman dan sehat.

Tambahkan Banyak Sayur

Meskipun diolah dengan digoreng, Anda tetap bisa menambahkan banyak sayuran ke dalam adonan gorengan. Jika banyak memasukkan sayuran, penambahan tepung akan lebih berkurang agar jumlah kalori di dalamnya tidak terlalu tinggi.

Baca Juga : Jalani Puasa Ramadan Tapi Tidak Salat, Ini Kata Ustazah Oki Setiana Dewi

Tiriskan Gorengan

Setelah gorengan matang dan siap diangkat, saring gorengan hingga permukaannya kering dan tidak berminyak. Setelah ditiriskan dengan penyaring, tiriskan gorengan di atas alas serap minyak seperti tisu, kain atau kertas agar kandungan minyak berkurang.

Batasi Porsinya

Baca Juga : Balap Liar Dibubarkan Polisi di Bone, 25 Unit Motor Disita

Semua tips di atas akan berjalan baik jika Anda makan gorengan dalam batasan wajar. Ingat, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Jika merasa satu sudah cukup, itu artinya tidak perlu yang kedua atau ketiga.

Jadi, makan gorengan saat berbuka puasa sebenarnya boleh-boleh saja. Tapi, jangan berlebihan, ya! Cukup makan gorengan favoritmu dengan batasan wajar untuk memanjakan lidah setelah seharian menjalani puasa.

Penulis : Nidi
Komentar