Senin, 29 Agustus 2022 23:28

Jabarkan Teori Kecerdasan, Rektor USN: Semua Orang Terlahir Cerdas

Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Nur Iksan menghadiri Ramah Tamah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Hotel Sutan Raja, Senin (29/8/2022) malam.
Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Nur Iksan menghadiri Ramah Tamah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Hotel Sutan Raja, Senin (29/8/2022) malam.

ABATANEWS, KOLAKA – Setiap pendidik harus meyakini bahwa dibalik keterbatasan seseorang, juga terdapat kelebihan yang belum tereksplor dengan baik.

Begitu pesan Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Nur Iksan kepada para wisudawan-wisudawati dalam Ramah Tamah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Hotel Sutan Raja, Senin (29/8/2022) malam.

Mengutip Teori Kecerdasan Howard Gardner, Nur Iksan menjelaskan semua manusia memiliki jenis kecerdasan masing-masing dan itulah salah satu hal yang membuat setiap orang unik dan berbeda. Para alumni USN Kolaka diharapkan mampu mengembangkan bakat dan potensinya, khususnya dalam menghadapi dunia karir kedepannya.

Baca Juga : Rektor USN Kolaka: Speech Act Theory, Identifikasi Kekerasan Seksual

Sebab, di balik gelar sarjana, Pria kelahiran Bulukumba itu mengingatkan, terdapat tanggung jawab yang besar. Olehnya itu, para calon pendidik dari FKIP USN harus lebih luas dalam berkreativitas dan berinovasi, khususnya di dunia pendidikan. Agar mampu menjalani tanggung jawab tersebut, penting agar para wisudawan memahami passion yang dimiliki.

“Setiap orang tidak mesti pintar, karena kita semua ini punya kecerdasan masing-masing. Ada yang kecerdasannya di bidang musik misalnya. Karena tidak semua orang dapat menjadi penyanyi yang hebat. Orang yang lebih peka terhadap ritme, nada, dan melodi itu memiliki kecerdasan musikal,” kata Nur Iksan menjabarkan salah satu jenis kecerdasan manusia menurut Gardner.

Diketahui, Ramah Tamah FKIP USN diikuti 135 Wisudawan. Plt Dekan FKIP, Sufri Mashuri mengatakan Indeks Prestasi Mahasiswa FKIP tahun ini mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Rata-rata IPK lulusan FKIP tahun ini berada di angka 3,57.

Penulis : Wahyuddin
Komentar