Minggu, 09 Mei 2021 17:22

Israel Larang Itikaf di Masjid Al-Aqsa, Warga Palestina kembali Bentrok

Israel Larang Itikaf di Masjid Al-Aqsa, Warga Palestina kembali Bentrok

ABATANEWS – Warga Palestina kembali terlibat bentrokan dengan Polisi Israel yang menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa pada Sabtu (9/5/2021) waktu setempat.

Bentrokan yang terjadi pada Sabtu malam hari adalah lanjutan dari peristiwa pada Jumat sebelumnya.

Dilansir Associated Press, bentrokan terjadi karena aparat keamanan Israel menutup jalan menuju masjid Al-Aqsa. Hal itu menyebabkan warga Palestina tidak bisa melakukan iktikaf di Masjid Al-Aqsa pada sepuluh malam terakhir Ramadan

Baca Juga : Mahkamah Internasional Putuskan Pendudukan Israel di Palestina Ilegal, Perintahkan Hentikan Aktivitas

Warga Palestina menyatakan aparat Israel menghalangi hak mereka untuk beribadah. Sedangkan Kepolisian Israel menyatakan aksi mereka dilakukan untuk menjaga keamanan.

Pada Sabtu malam lalu warga Muslim Palestina ingin beribadah menyambut malam Lailatul Qadar, atau Malam Seribu Bulan, saat Ramadan. Namun, aparat Israel memutuskan membubarkan jemaah yang hendak itikaf di Masjid Al-Aqsa.

Akibatnya, para jemaah melempari aparat keamanan Israel dengan batu. Aparat Israel lantas membalas dengan menembakkan granat kejut dan mengerahkan meriam air.

Baca Juga : Ketum PBNU: 5 Nahdliyin yang Bertemu Presiden Israel Dibiayai oleh Advokat

Menurut tim medis, sebanyak 64 warga Palestina terluka dalam bentrokan itu akibat tertembak peluru karet, terkena pecahan granat atau dipukul menggunakan pentungan.

Korbannya terdiri dari laki-laki hingga perempuan.

Masjid Al-Aqsa adalah masjid yang disucikan oleh umat Islam di dunia karena pernah menjadi kiblat pertama sebelum Makkah.

Baca Juga : Pimpinan Hamas Undang Jusuf Kalla, Ini Yang Akan Dibahas

Bentrokan juga terjadi di wilayah Sheikh Jarrah di Yerusalem, di mana aparat dan penduduk Israel merebut rumah penduduk dan mengusir warga Palestina yang tinggal turun-temurun di wilayah itu.

Komentar
Berita Terbaru