Minggu, 01 Januari 2023 13:14

Ini yang Diwaspadai Kiper Indonesia saat Melawan Filipina

Dokumentasi kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata saat tampil di Piala AFF 2022 menghadapi Timnas Thailand di SUGBK, Jakarta, beberapa waktu lalu. (foto: PSSI)
Dokumentasi kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata saat tampil di Piala AFF 2022 menghadapi Timnas Thailand di SUGBK, Jakarta, beberapa waktu lalu. (foto: PSSI)

ABATANEWS – Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, memprediksi Timnas Filipina bakal menerapkan strategi long ball saat pertandingan. Salah satu penyebab strategi itu bakal diterapkan lawan mengingat postur tubuh mereka di atas rata-rata.

Maka dari itu, laga yang terlaksana di Stadion Rizal Memorial pada 2 Januari 2023 itu, ia meminta rekan-rekannya untuk bisa mengantisipasi lawan dengan strategi tersebut. Agar lawan tak mudah mencetak gol dengan mengandalkan postur tubuh.

“Filipina kita tahu punya postur yang bagus, tinggi besar juga. Saya prediksi mereka akan mengandalkan bola-bola di belakang kita dalam arti bola long ball,” ungkap Nadeo dilansir laman PSSI, Minggu (1/1/2023).

Baca Juga : Erick Thohir Tinjau SUGBK Jelang Laga Idonesia versus Australia

Selain postur tubuh, kiper Bali United itu juga mewaspadai keleluasaan Filipina dalam mengolah bola. Sebab di laga ini, Filipina lah yang menjadi tuan rumah.

Kata Nadeo, kondisi itu jelas akan menguntungkan Filipina mengingat stadion tersebut kerap mereka gunakan diberbagai kesempatan termasuk di Piala AFF. Apalagi, lapangan stadion itu, menggunakan rumput sintetis.

“Kita pasti adaptasi dulu, tapi itu tidak ada masalah besar. Makanya kita latihan coba hari ini untuk membiasakan (memakai rumput sintetis),” jelas Nadeo.

Baca Juga : Segera Dinaturalisasi, Mees Hilgers: Timnas Belanda Hebat Tapi Indonesia Penting Bagiku

Meski demikian, dirinya dan rekan-rekannya siap menghadapi perlawanan Filipina. Apalagi di laga ini, merupakan penentu bagi Timnas Indonesia untuk bisa lolos ke face selanjutnya.

Di mana jika meraih kemenangan besar dengan selisih gol dari Thailand, Indonesia bisa saja menjadi juara grup. Tetapi, lain lagi jika menelan kekalahan nasib Garuda Nusantara akan ditentukan lewat hasil Timnas Kamboja yang akan menghadapi Thailand.

“Kita siap ikuti taktik dan stratregi dari pelatih coach Shin. Kondisi pemain kita juga butuh adaptasi melihat lapangan pakai rumput sintetis tapi itu tidak jadi masalah besar. Untuk keseluruhan kita pasti siap,” pungkas Nadeo.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar