Kamis, 28 April 2022 21:37

Ini Tips Mudik Sehat ala Pakar Kesehatan

Ilustrasi mudik lebaran. (foto: Astra)
Ilustrasi mudik lebaran. (foto: Astra)

ABATANEWS, MAKASSAR – Hari ini (28/4/2022) sudah memasuki masa puncak mudik lebaran 2022. Pasalnya, hari ini merupakan hari terakhir untuk bekerja, terkhusus untuk pegawai pemerintahan.

Nah, pandemi Covid-19 belum berakhir. Makanya, tips mudik sehat tetap harus dijalankan agar lebaran bisa dilakukan dengan senang dan bahagia bersama keluarga.

Untuk itu, sejumlah tips mudik sehat diberikan oleh Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI yang juga mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara, Profesor Tjandra Yoga Aditama, seperti dikutip dari Liputan6.com, pada Kamis (28/4/2022).

Baca Juga : Arus Balik, 110 Ribu Penumpang Tinggalkan Sumatera Menuju Jawa Lewat Jalur Laut

Pesan MUDIK sehat

M-emakai masker dan selalu rajin mencuci tangan. Tentu juga pemudik dan keluarga di kampung halaman sebaiknya sudah mendapat booster.

Baca Juga : Menhub Minta Pemudik Pulang Kampung Lebih Awal, Ini Alasannya

U-payakan jangan ada dalam kerumunan berkepanjangan, dan selalulah berusaha jaga jarak kalau terpaksa didalam kerumuman

D-isiapkan bekal yang cukup untuk perjalanan, ingat bukan tidak mungkin ada macet panjang. Siapkan makanan/minuman untuk di jalan, obat-obatan yang mungkin diperlukan serta bekal untuk anak-anak.

I-stirahat diperlukan kalau lelah berkendara, jangan dipaksakan. Sebaiknya juga sesudah 4 jam berturut-turut mengendarai kendaraan maka baiknya istirahat.

Baca Juga : Ini Aturan Lengkap untuk Lalu Lintas pada Mudik Lebaran 2024

K-endaraan yang digunakan harus dalam keadaan baik, dan hati-hatilah berkendara, ikuti aturan lalu lintas dan arahan petugas.

Penulis : Imam Adzka
Komentar