Rabu, 11 Mei 2022 11:19

Ini Skenario Timnas Indonesia U-23 jika Ingin Lolos Semifinal Sea Games

Skuad Timnas Indonesia yang berlaga di Sea Games Vietnam. (foto: PSSI)
Skuad Timnas Indonesia yang berlaga di Sea Games Vietnam. (foto: PSSI)

ABATANEWSTimnas Indonesia U-23 sukses meraih kemenangan perdana di babak grup A, Sea Games Vietnam Cabor sepakbola. Marc Klok dan kawan-kawan menang dari Timnas Timor Leste U-23 dengan skor telak 4-1, Selasa malam (10/5/2022).

Laga tersebut merupakan yang kedua dilakoni anak asuh Shin Tae-yong di penyisihan grup sepakbola Sea Games 2021 sekaligus baru mengumpulkan 3 poin. Di laga perdana, Garuda Indonesia harus tunduk 0-3 dari tuan rumah Vietnam.

Lantas, seperti apa peluang Timnas Indonesia U-23 untuk bisa lolos ke semifinal Sea Games Cabor sepakbola? Berikut ini, skenario agar Timnas Indonesia U-23 bisa lolos babak semifinal.

Baca Juga : Mainkan Pemain Inti Lawan UAE, STY Ungkap Timnas Masih Ada Kekurangan

Peluang Timnas Indonesia U-23 untuk lolos semifinal sepakbola Sea Games Vietnam masih terbuka lebar. Asalkan, mereka mampu menyapu bersih laga dengan kemenangan.

Masing-masing melawan Timnas Filipina U-23 pada 13 Mei 2022 dan melawan Timnas Myanmar U-23 pada 15 Mei mendatang. Dengan begitu, poin yang bisa dikumpulkan Garuda Indonesia sebanyak 9.

Akan tetapi, Indonesia harus lagi menunggu laga lain lantaran masih banyak pesaing yang berpeluang lolos. Sebab diketahui, Timnas Myanmar masih memuncaki klasemen grup A dengan 6 poin dari 2 laga melawan Filipina dan Timor Leste.

Baca Juga : 3 Pemain Abroad Gabung TC Timnas di Dubai, Justin Hubner dan Nathan Masih Abu-abu

Skenario yang harus terjadi, yakni Indonesia harus mengalahkan Myanmar di laga ketiga. Sementara di laga keempat, Myanmar harus bermain imbang hingga kalah dari Vietnam.

Namun, tuan rumah sejatinya wajib memenangkan laga menghadapi Myanmar lantaran belum juga aman. Pasalnya, tuan rumah berada di posisi ketiga klasemen sementara dengan 4 poin dari dua laga.

Masing-masing menang melawan Indonesia dan imbang melawan Filipina. Skenario selanjutnya, yakni Timnas Indonesia juga wajib menang menghadapi Filipina yang kini bertengger di posisi kedua dengan 4 poin.

Baca Juga : Bukan Karena Philippe Troussier, Eks Pemain Vietnam Ungkap Alasan Indonesia Menang 0-3

Bedanya, poin tersebut diraih dari tiga laga yang dilakoni Filipina. Masing-masing menang dari Timor Leste, imbang dari Vietnam dan kalah dari Myanmar.

Jika ditarik, kesimpulan dari skenario ini adalah Indonesia wajib menang atas Myanmar dan Myanmar kalah atau imbang dari Vietnam. Kalaupun Myanmar sukses meraih kemenangan, kemungkinan besar Vietnam bakal terancam gagal lolos semifinal.

Meski diketahui, Vietnam masih memiliki dua laga yakni melawan Timor Leste dan Myanmar. Kalaupun bisa menang melawan Timor Leste dan kalah dari Myanmar, Vietnam otomatis hanya mengemas 7 poin saja.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar