Selasa, 05 Oktober 2021 08:18

Ini Penyebab WhatsApp, Instagram dan Facebook Down

Ini Penyebab WhatsApp, Instagram dan Facebook Down

ABATANEWS – Para pengguna mengeluhkan gangguan pada layanan WhatsApp, Instagram dan Facebook. Dibawah ini diulas kemungkinan penyebab WhatsApp, Instagram dan Facebook down.

Ya, ketiga layanan media sosial itu down sejak Senin malam (5/10/2021).

Namun saat berita ini diturunkan, ketiga layanan itu sudah normal kembali.

Baca Juga : Kisah Pendiri WhatsApp: Ditolak Kerja di Facebook, Tumbangkan BBM, hingga Dibeli Meta

Berdasarkan situs pelacakan, Downdetector gangguan berpotensi berdampak pada puluhan juta pengguna.

Downdetector menunjukkan gangguan terjadi di daerah padat penduduk seperti Washington dan Paris. Gangguan layanan juga dialami pengguna di Indonesia.

terjadi mulai sekitar pukul 23.00 WIB. Laporan yang masuk sempat mencapai hingga lebih dari 4.300 dengan terbanyak masalah konseksi server sebanyak 45 persen.

Baca Juga : Turki Blokir Instagram, Diduga Ketegangan dengan Amerika Serikat

Sedangkan Facebook dengan waktu gangguan yang sama, laporan mencapai lebih dari 1.500. Masalah palingn banyak dilaporkan adalah perihal koneksi server sebanyak 48 persen.

Sementara Instagram dengan waktu gangguan yang serupa, mencatat laporan lebih dari 2.400 dengan masalah terbanyak di koneksi server mencapai 6 persen.

Gangguan itu diakui oleh Juru Bicara Facebook Andy Stone.

Baca Juga : Instagram Coba Fitur Baru yang ‘Paksa’ Pengguna Nonton Iklan

“Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami,” kata Andy seperti dikutip dari AFP, Senin (4/10) malam.

Sementara itu, Facebook melalui keterangan yang disampaikan melalui akun twitter mereka menyatakan akan berupaya sebaik mungkin untuk memperbaiki masalah tersebut.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami masalah saat mengakses aplikasi dan produk Anda. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” kata mereka.

Baca Juga : Akun WhatsApp Kabid Humas IKP Diskominfo Makassar Diretas, Pelaku Lakukan Penipuan

Dilansir dari CNNIndonesia, Divisi analisis internet Cisco Thousand Eyes mengatakan melalui akun Twitter-nya, masalah itu disebabkan oleh kegagalan Domain Name System (DNS).

DNS di sini merupakan penterjemah nama situs web menjadi alamat IP yang dapat dibaca oleh komputer. Ini sering disebut buku telepon internet.

Doug Madory, direktur analisis internet di perusahaan pemantauan jaringan Kentik mengatakan permasalahan yang terjadi pada WhatsApp, Facebook dan Instagram kemungkinan disebabkan oleh hilangnya konektivitas internet ketika mereka sedang memperbarui konfigurasi jaringan mereka.

Baca Juga : WhatsApp Luncurkan Fitur Bisa Ditelepon Meski Tanpa Simpan Nomor Kontak

Masalah serupa pernah terjadi Juni di Fastly, sebuah perusahaan komputasi awan AS. Mereka sempat mengalami pemadaman internet global selama sekitar 50 menit.

“Saya tidak tahu jika saya pernah melihat pemadaman seperti ini sebelumnya dari sebuah perusahaan internet besar,” katanya seperti dikutip dari CNN.com, Selasa (5/10).

Ia menambahkan fakta bahwa gangguan atau down yang terjadi pada perusahaan dengan ukuran dan sumber daya seperti Facebook apalagi sampai berlangsung sampai dengan lebih dari tiga jam, itu menunjukkan bahwa tidak ada perbaikan cepat yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini.

Komentar