Kamis, 06 Januari 2022 09:20

Ini Kebijakan Penonton di Seri 4 Liga 1 2021-2022

Ilustrasi pertandingan sepakbola di Indonesia dengan dihadiri ribuan penonton. (Foto: Wahyu Susanto)
Ilustrasi pertandingan sepakbola di Indonesia dengan dihadiri ribuan penonton. (Foto: Wahyu Susanto)

ABATANEWS, MAKASSAR – Suporter sepakbola di tanah air sedikit bernafas lega. Sebab operator liga, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan induk federasi sepakbola Indonesia, PSSI, mengizinkan penonton bisa hadir langsung di stadion.

Adanya izin tersebut, tak lepas dari instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 01 Tahun 2022. Instruksi ini, mengatur tentang banyak hal yang harus dipatuhi masyarakat lantaran situasi masih dalam status pandemi Covid-19.

Termasuk tentang rencana adanya penonton di kompetisi Liga 1 2021-2022. Namun, instruksi tersebut tetap ada aturan mainnya yang disebutkan ada sejumlah poin terkait penonton.

Baca Juga : PSM Sudah Punya 6 Pemain Asing untuk Musim 2024-2025, Segini Nilai Pasarnya

Pada poin ke-4, instruksi Mendagri menyebutkan bahwa akan dilakukan uji coba pertandingan Liga 1 dengan menerima penonton langsung di stadion. Namun, dengan ketentuan Uji coba dilaksanakan pada satu pertandingan setiap minggunya.

Ketentuan berikutnya, yakni jumlah penonton maksimal 25 persen dari kapasitas stadion. Jumlah tersebut setara dengan 5.000 orang saja yang bisa ditampung dalam stadion.

Ketentuan lain, yakni hanya penonton dengan kategori hijau dalam aplikasi Pedulilindungi yang boleh masuk di stadion. Ketentuan terakhir, yakni pertandingan yang dilakukan uji coba dengan penonton Dite rukan oleh PSSI dan PT LIB.

Komentar