Sabtu, 15 April 2023 16:09

Ini Agenda Jokowi di Jerman yang Bikin Ketum PSSI Tak Bisa Beri Piala Liga 1 ke PSM Makassar

Ini Agenda Jokowi di Jerman yang Bikin Ketum PSSI Tak Bisa Beri Piala Liga 1 ke PSM Makassar

ABATANEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo akan bertolak ke Jerman, pada Sabtu (15/4/2023). Dalam kunjungan kenegaraannya itu, Presiden Jokowi akan membuka sebuah acara besar, bersama Kanselir JermanOlaf Scholz.

Nama acaranya adalah Hannover Messe 2023 di Hannover, Jerman. Hannover Messe merupakan pameran industri terbesar di Eropa.

“Saya akan secara resmi membuka Hannover Messe bersama Kanselir Jerman Olaf Scholz,” kata Jokowi dalam keterangan pers di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (15/4/2023).

Baca Juga : Tumbang Dari Arema, Bernardo Tavares Heran Wasit Tidak Beri Penalti ke PSM

Jokowi mengatakan, Indonesia adalah negara ASEAN pertama yang menjadi negara mitra resmi atau partner country Hannover Messe.
“Indonesia menjadi negara mitra di Hannover Messe tahun 2023 dan tema yang diusung Indonesia adalah ‘Making Indonesia 4.0’,” ujar mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.
Jokowi melanjutkan, selain membuka Hannover Messe 2023, ia juga akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Scholz dan bertemu sejumlah pengusaha besar Jerman.

Ia mengatakan, Jerman adalah mitra dagang dan investasi penting di Eropa bagi Indonesia.
“(Jerman adalah) mitra dagang terbesar di antara negara-negara Eropa dan investor terbesar keempat dari kawasan Eropa,” kata Jokowi.

Jadwalnya, Presiden Jokowi akan berada di Jerman hingga 17 April dan akan kembali ke tanah air pada Selasa (18/4/2023).

Baca Juga : Wasit PON Aceh Sukses Curangi Sulawesi Tengah, PSSI: Memalukan

Kunjungan kerja Presiden Jokowi itu ditemani oleh sejumlah menteri. Termasuk Menteri BUMN, Erick Thohir yang juga merupakan Ketua Umum PSSI.

Akibatnya, Erick Thohir tak bisa menyerahkan langsung Piala Liga 1 ke PSM Makassar, pada Ahad (16/4/2023) besok, di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, selepas pertandingan melawan Borneo FC.

Erick mengamanahkan tugas itu kepada Wakil Ketua Umum PSSI, Zainuddin Amali.

Penulis : Azwar
Komentar