Jumat, 10 November 2023 20:08

Ingin Kerek Golkar Kembali Jaya di DPRD Sulsel 2024, TP: Kokinya Sekarang Beda

Ingin Kerek Golkar Kembali Jaya di DPRD Sulsel 2024, TP: Kokinya Sekarang Beda

ABATANEWS, MAKASSAR — Ketua DPD Golkar Sulsel, Taufan Pawe mematok target tinggi di Pileg 2024 mendatang.

Khusus untuk perolehan kursi di DPRD Sulsel, Taufan Pawe memang mengakui, partai beringin mengalami tren penurunan.

Pada Pileg 2014 lalu, Golkar mampu menempatkan 18 kadernya dari 85 anggota legislatif. Dan turun saat Pileg 2019 yang hanya mampu meraih 13 kursi. Meski, tetap mempertahankan kursi Ketua DPRD Sulsel.

Baca Juga : Golkar dan PPP Bergabung Dalam Satu Fraksi di DPRD Parepare

Dua kontestasi sebelumnya dinakhodai oleh dua figur berbeda. Pada Pileg 2014, Golkar saat itu dipimpin oleh Syahrul Yasin Limpo yang juga berstatus Gubernur Sulsel. Sedangkan pada Pileg 2019, Golkar diambil alih oleh Nurdin Halid.

“Memang harus diakui, trennya menurun terus,” jelas mantan Wali Kota Parepare dua periode itu, saat berbincang dengan wartawan di Exposed Cafe, Jalan AP Pettarani, Makassar, pada Jumat (10/11/2023).

Makanya, Taufan Pawe telah merancang strategi untuk kembali menaikkan perolehan kursi Golkar di DPRD Sulsel untuk periode 2024-2029.

Baca Juga : Golkar Mulai Panaskan Mesin Partai untuk Fauzi-Ajie di Pilkada Luwu Utara

Memang, lanjut Taufan Pawe, ada 5 inkumben yang tak lagi berebut kursi DPRD Sulsel. Untuk itu, salah satu cara yang telah ditempuh, kata Taufan, yakni dengan menggaet figur-figur kuat di tiap daerah.

Ia mencontohkan. Di Golkar Luwu Utara, Palopo, dan Luwu, tercatat ada 5 mantan kepala dinas yang saat ini berstatus calon legislatif.

“Target kita tentunya kelima mantan kadis itu duduk. Tapi mungkin kita bisa capai tiga yang berhasil duduk nantinya,” katanya.

Baca Juga : Tanggapan Gubernur Soal Ranperda APBD, Sembilan Fraksi DPRD Sulsel Sepakati

“Yang perlu kita tekankan, memang saat ini hanya 13 kursi di DPRD Sulsel. Tapi sekarang “kokinya” beda. Beda koki, beda racikannya, beda juga hasilnya. Meski ramuannya boleh dibilang sama, tapi koki yang jadi penentunya,” papar calon legislatif DPR RI Dapil Sulsel II itu.

Secara garis besar, Taufan Pawe ingin mengembalikan perolehan kursi DPRD Sulsel Partai Golkar menjadi 18. Setidaknya, lanjut Taufan, Golkar bisa mengusung calon gubernur dan wakil gubernur tanpa harus koalisi.

“Dapil 6 dan Dapil 11 kita masih optimis bisa pertahanan dua kursi. Bahkan survei terakhir kita terakhir menuju 3 kursi. Saat ini, 9 dapil lainnya, kita optimis setidaknya 5-6 dapil bisa dapat 2 kursi,” beber Taufan.

Baca Juga : Taufan Pawe Coret Nama Kadir Halid Jadi Kandidat Wakil Ketua DPRD Sulsel

Seperti diketahui, 5 inkumben Golkar di DPRD Sulsel yang tidak maju lagi yakni: Andi Ina Kartika, Taqwa Muller, Hatta Marakarma, Debby, Suwardi Haseng, dan John Rande Mangontan.

Penulis : Azwar
Komentar