Jumat, 25 Februari 2022 09:25

Ingin Ada Wakil Gubenur, DPRD Kembali Surati Kemendagri

Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel, Ni'matullah saat reses beberapa waktu lalu. (foto: dokumentasi Abatanews)
Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel, Ni'matullah saat reses beberapa waktu lalu. (foto: dokumentasi Abatanews)

ABATANEWS, MAKASSAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan menginginkan adanya wakil Gubernur Sulsel untuk mendampingi Andi Sudirman Sulaiman. Sebab masa jabatannya hanya bisa sampai 2023 mendatang.

Sehingga wakil rakyat ini kembali menyurati Kmenterian Dalam Negeri (Kemendagri). Agar status Andi Sudirman Sulaiman (ASS) segera dilantik menjadi Gubernur Sulsel sebelum tanggal 5 Maret 2021.

“Jadi kita kembali menyurat dan meminta supaya dilakukan pelantikan (Andi Sudirman Sulaiman) sebagai gubernur definitif. Kita sudah satu bulan melakukan Paripurna, namun sampai saat ini belum ada tanda-tanda pelantikan gubernur secara definitif,” ujar wakil ketua DPRD Sulsel, Ni’matullah, Jumat (25/2/2022).

Baca Juga : Andi Sudirman Raih Penghargaan ‘Alumni Fakultas Teknik’, Rektor Unhas: Selamat Pak Gub

Dirinya memiliki berbagai alasan mengapa pemerintah Provinsi ini memiliki wakil Gubernur. Pertama jika Wilayah Sulsel ini cukup luas yang terdiri dari 24 Kabupaten/kota.

Dengan begitu, kebijakan Wakil Gubenur atau Pelaksanaan Tugas (Plt) tidak cukup luas dan harus mendapatkan izin dari Mendagri. Apalagi jika Andi Sudirman ingin memutuskan kebijakan.

“Mengambil kebijakan dan putusan Plt sangat terbatas. Jadi pemerintah pusat tidak boleh membiarkan dan menggantung ini barang (pelantikan). Sulsel Provinsi besar tidak boleh diurus sendiri oleh pak Gubernur,” ujarnya.

Baca Juga : Duet Andalan Hati Daftar ke KPU Sulsel, Didukung 10 Partai Politik

Politisi Demokrat ini pun memastikan jika pemerintah ini tidak akan efektif hingga masa jabatan Andi Sudirman Sulaiman berakhir jika tidak memiliki wakil.

“Masa pemerintah pusat membiarkan ini, seolah-olah tidak ada masalah (Di Sulsel). Bayangkan Plt ini juga sudah hampir satu tahun,” bebernya.

Penulis : Imam Adzka
Komentar