Senin, 02 Januari 2023 22:30

Indonesia Lolos Semifinal Piala AFF 2022

Dokumentasi Timnas Indonesia saat melawan Timnas Filipina di laga keempat Grup A, Piala AFF 2022. (foto: PSSI)
Dokumentasi Timnas Indonesia saat melawan Timnas Filipina di laga keempat Grup A, Piala AFF 2022. (foto: PSSI)

ABATANEWSTimnas Indonesia berhasil mengalahkan Timnas Filipina dalam duel pamungkas babak Grup A Piala AFF 2022. Pertandingan yang terlaksana di Stadion Rizal Memorial berakhir dengan skor tipis 1-2 untuk Indonesia, Senin (2/1/2023).

Garuda Nusantara mampu unggul dua gol di babak pertama melalui Dendi Sulistiawan di menit 21. Sementara gol kedua dihasilkan Marcelino Ferdinand pada menit 43 sekaligus skor 0-2 menutup laga babak pertama.

Tim tuan rumah baru bisa memperkecil kedudukan menjadi 1-2 pada menit 82 melalui pemain pengganti Beraque Rasmussen. Namun, hingga pluit panjang babak kedua terdengar, skor 1-2 tetap bertahan.

Baca Juga : Erick Thohir Tinjau SUGBK Jelang Laga Idonesia versus Australia

Dengan kemenangan ini, Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal Piala AFF 2022 dengan status runner-up grup. Sementara untuk juara grup, diraih Timnas Thailand usai turut memenangkan laga keempat menghadapi Timnas Kamboja.

Kemenangan Indonesia dan Thailand ini sejatinya berbarengan mengumpulkan 10 poin. Akan tetapi, Tim Gajah Perang unggul gol berkat hasil melawan Kamboja dengan skor 1-3.

Thailand diketahui unggul perolehan dengan mengoleksi 10 gol dari 4 pertandingan. Sementara Indonesia, hanya mengoleksi 9 gol dari empat laga babak grup yang dilakoni.

Baca Juga : Segera Dinaturalisasi, Mees Hilgers: Timnas Belanda Hebat Tapi Indonesia Penting Bagiku

Dengan begitu, Indonesia akan menantang juara grup B Piala AFF 2022. Di grup tersebut diketahui dihuni oleh Timnas Vietnam dengan koleksi 7 poin.

Vietnam, juga berpotensi mempertahankan juara grup meski masih menyisakan satu pertandingan. Yakni, melawan Timnas Myanmar pada Selasa 3 Januari 2023.

Di laga ini, potensi kemenangan Vietnam cukup besar mengingat Myanmar bakal tampil tanpa beban. Hal itu, karena Myanmar telah pasti tersingkir di Piala AFF edisi kali ini dengan hanya menempati posisi keempat Grup B dari tiga laga yang dilakoni.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar