Selasa, 23 Januari 2024 10:09

Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia Bisa Ditentukan Malam Ini

Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia Bisa Ditentukan Malam Ini 

ABATANEWS.COM – Lolos tidaknya Timnas Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023 bisa ditentukan malam ini lewat jalur tiga besar terbaik. Hal itu bisa terjadi dengan melihat hasil pertandingan kedua Grup B antara Suriah versus India.

Pertandingan antara Suriah versus India akan berlangsung di Stadion Al Bayt pada pukul 19.30 Wib, Selasa (23/1/2024). Jika laga ini berakhir imbang, Indonesia dipastikan lolos babak 16 besar Piala Asia.

Seperti diketahui, terjadi perubahan di klasemen peringkat ketiga terbaik Piala Asia. Di mana Tajikistan keluar dari perebutan tiga besar terbaik usai lolos ke babak 16 besar dengan jalur runner-up Grup A.

Baca Juga : Graham Arnold Mundur Usai Timnas Australia Gagal Kalahkan Indonesia

Hal itu setelah mereka sukses mengalahkan Libanon 2-1 pada laga ketiga Grup A malam tadi. Sementara laga lain di Grup A antara Qatar versus China dimenangkan tuan rumah (Qatar) dengan skor tipis 1-0.

Alhasil, China terlempar ke posisi ketiga Grup A dan bersaing di peringkat ketiga terbaik untuk perebutan tiket ke babak 16 besar. Adapun di posisi puncak, masih ditempati Bahrain dengan tiga poin.

Disusul Indonesia di posisi kedua yang juga tiga poin dan ketiga ditempati China dengan dua poin. Lalu, di posisi keempat ditempati Oman, kelima Suriah, dan keenam Palestina dengan masing-masing mengemas satu poin.

Baca Juga : Shin Tae-yong Tanggapi Rafael Struick Gabung Brisbane Roar

Untuk skenario Indonesia bisa lolos 16 besar Piala Asia lewat jalur tiga besar terbaik bisa terjadi malam ini yaitu dengan melihat hasil laga Suriah versus India. Jika imbang, Suriah yang menempati posisi lima di klasemen tiga besar hanya naik ke posisi keempat.

Itu, karena mereka akan mengemas dua poin dengan hasil imbang melawan India. Artinya, hasil laga pesaing lainnya yakni Oman dan Palestina tidak akan berdampak dengan posisi Indonesia.

Sebab jika Oman dan Palestina menang di laga ketuga Grup, akan ada dua negara yang tersingkir yakni China dan Oman. Lain halnya jika Suriah memenangkan laga atas India.

Baca Juga : Diincar Deretan Klub Eropa, Thom Haye Mantap Pilih Almere City

Karena mereka akan naik di posisi puncak klasemen peringkat tiga terbaik karena mengemas empat poin dari kemenangan melawan India. Artinya, Indonesia akan menempati posisi ketiga dan Bahrain posisi kedua di klasemen tiga besar.

Dengan begitu, Garuda Nusantara akan kembali menunggu hasil pertandingan antara Palestina versus Hongkong pada malam ini pukul 23.00 Wib. Intinya, jika hasil imbang mewarnai dua laga malam ini (Suriah vs India) dan Palestina vs Hongkong) dipastikan Indonesia lolos babak 16 besar Piala Asia lewat jalur tiga terbaik.

Meski begitu, Indonesia juga masih berpeluang lolos ke babak 16 besar lewat jalur runner-up Grup D. Hanya saja, anak asuh Shin Tae-yong harus menumbangkan Timnas Jepang yang akan berlangsung pada Rabu besok (24/1/2024).

Baca Juga : Pasca Absen di Kualifikasi Piala Dunia, Jordi Amat Ungkap Kondisi Cedera Yang Dialami

Berikut Klasemen Peringkat Tiga Terbaik Piala Asia 2023

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar
Berita Terbaru