Rabu, 12 Juni 2024 09:05

Indonesia Jadi Satu-satunya Negara Asean Lolos Ronde Ketiga Kualifikasi PD 2026, Ini Daftarnya

Indonesia Jadi Satu-satunya Negara Asean Lolos Ronde Ketiga Kualifikasi PD 2026, Ini  Daftarnya 

ABATANEWS, MAKASSARTimnas Indonesia sukses melaju ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 usai mengalahkan Timnas Filipina. Laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta berakhir 2-0 untuk Indonesia, pada Selasa malam (11/6/2024).

Dengan hasil itu, Garuda Nusantara menempati posisi kedua klasemen Grup F dan Iran berada di posisi pertama. Kedua negara ini berhak meraih tiket putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Indonesia juga berhak meraih tiket Piala Asia 2027 yang akan dilaksanakan di Arab Saudi. Namun, ini merupakan kali pertama Indonesia lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga : PSSI Rilis Daftar Pemain Yang Bakal Ikuti Turnamen Asean Boys Championship U-16

Bahkan, dengan lolosnya Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan menjadikan Indonesia Satu-satunya negara Asean yang melaju ke partai tersebut. Pasalnya, Vietnam, Thailand, Singapura, Filipina, Myanmar, hingga Malaysia dipastikan tersingkir.

Di Grup F misalnya, Vietnam dan Filipina tersingkir dengan hanya menempati posisi ketiga (Vietnam) dan posisi ke empat (Filipina). Sementara di Grup C yang turut ditempati Thailand dan Singapura tak bisa berbuat banyak.

Thailand misalnya, berada di posisi ketiga dengan hanya meraih 8 poin dari enam laga yang dilakoni. Sementara Singapura hanya bisa meraih 1 poin dari aenam laga dan terbenam di dasar klasemen Grup C.

Baca Juga : Indonesia Masuk Grup ‘Enteng’ di Kualifikasi Piala Asia U-20, Indra Sjafri: Kita Hadapi Serius

Sementara Myanmar yang menempati Grup B juga berada di dasar klasemen dengan torehan 1 poin saja. Adapun Malaysia sejatinya mampu bersaing di awal kualifikasi dengan sukses menempati posisi pertama Grup D dengan torehan 6 poin dari dua laga.

Sayangnya, Malaysia tak mampu tampil konsisten dan menelan dua, sekali imbang dan sekali menang disisa laga. Pada partai keenam, Malaysia memang sukses menang dari China Taipei 3-1 namun tak cukup mengejar posisi kedua klasemen Grup D.

Alhasil, Malaysia hanya menempati posisi ketiga Grup D dengan koleksi 10 poin saja. Dengan begitu, Indonesia jadi negara Satu-satunya dari Asia Tenggara lolos ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga : Shin Tae-yong Akan Berburu Penyerang Diaspora untuk Pertajam Lini Depan

Adapun berikut daftar negara yang lolos ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus lolos otomatis ke Piala Asia 2027;

– Qatar

– Kuwait

Baca Juga : Anang dan Ashanty Disoraki Suporter Timnas Hingga Walk Out, Dianggap Merusak Momen

– Jepang

– Korea Utara

– Korea Selatan

Baca Juga : Sejarah! Indonesia Lolos Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

– China

– Oman

– Kirgizstan

Baca Juga : Prediksi Line Up Indonesia vs Filipina: Jay Idzes Starter, Struick Wajib Cetak Gol

– Iran

– Uzbekistan

– Irak

Baca Juga : Jelang Laga Lawan Filipina, Shin Tae-yong: Indonesia Pasti Lolos Ronde Ketiga

– Indonesia

– Jordania

– Arab Saudi

Baca Juga : Laga Penentu, Berikut Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

– UAE

– Bahrain

– Australian

Baca Juga : Minta Indonesia Waspadai Filipina, Erick Thohir: Mereka Tidak Seperti Dulu

– Palestina

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar