Rabu, 12 Juni 2024 09:05

Indonesia Jadi Satu-satunya Negara Asean Lolos Ronde Ketiga Kualifikasi PD 2026, Ini Daftarnya

Indonesia Jadi Satu-satunya Negara Asean Lolos Ronde Ketiga Kualifikasi PD 2026, Ini  Daftarnya 

ABATANEWS, MAKASSARTimnas Indonesia sukses melaju ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 usai mengalahkan Timnas Filipina. Laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta berakhir 2-0 untuk Indonesia, pada Selasa malam (11/6/2024).

Dengan hasil itu, Garuda Nusantara menempati posisi kedua klasemen Grup F dan Iran berada di posisi pertama. Kedua negara ini berhak meraih tiket putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Indonesia juga berhak meraih tiket Piala Asia 2027 yang akan dilaksanakan di Arab Saudi. Namun, ini merupakan kali pertama Indonesia lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga : Bantai Vietnam 5-0, Indonesia Raih Juara Ketiga Piala AFF U-16

Bahkan, dengan lolosnya Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan menjadikan Indonesia Satu-satunya negara Asean yang melaju ke partai tersebut. Pasalnya, Vietnam, Thailand, Singapura, Filipina, Myanmar, hingga Malaysia dipastikan tersingkir.

Di Grup F misalnya, Vietnam dan Filipina tersingkir dengan hanya menempati posisi ketiga (Vietnam) dan posisi ke empat (Filipina). Sementara di Grup C yang turut ditempati Thailand dan Singapura tak bisa berbuat banyak.

Thailand misalnya, berada di posisi ketiga dengan hanya meraih 8 poin dari enam laga yang dilakoni. Sementara Singapura hanya bisa meraih 1 poin dari aenam laga dan terbenam di dasar klasemen Grup C.

Baca Juga : Jadwal Timnas Indonesia vs Australia: Nova Arianto Waspadai 3 Pemain Lawan

Sementara Myanmar yang menempati Grup B juga berada di dasar klasemen dengan torehan 1 poin saja. Adapun Malaysia sejatinya mampu bersaing di awal kualifikasi dengan sukses menempati posisi pertama Grup D dengan torehan 6 poin dari dua laga.

Sayangnya, Malaysia tak mampu tampil konsisten dan menelan dua, sekali imbang dan sekali menang disisa laga. Pada partai keenam, Malaysia memang sukses menang dari China Taipei 3-1 namun tak cukup mengejar posisi kedua klasemen Grup D.

Alhasil, Malaysia hanya menempati posisi ketiga Grup D dengan koleksi 10 poin saja. Dengan begitu, Indonesia jadi negara Satu-satunya dari Asia Tenggara lolos ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga : Sempat Alot, PSSI Resmi Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Adapun berikut daftar negara yang lolos ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus lolos otomatis ke Piala Asia 2027;

– Qatar

– Kuwait

Baca Juga : Pesan Erick Thohir ke Pelatih dan Pemain Usai Indonesia Masuk Grup ‘Neraka’

– Jepang

– Korea Utara

– Korea Selatan

Baca Juga : Indonesia Tergabung Grup Neraka Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

– China

– Oman

– Kirgizstan

Baca Juga : Penampakan Lapangan SUGBK Yang Dirombak Jelang Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia

– Iran

– Uzbekistan

– Irak

Baca Juga : Meski Menang 3-0, Nova Arianto Ngaku Sulit Kalahkan Filipina

– Indonesia

– Jordania

– Arab Saudi

Baca Juga : Indra Sjafri Panggil 33 Pemain Timnas Indonesia U-19, PSM Kirim 2 Pemain

– UAE

– Bahrain

– Australian

Baca Juga : Digelar di Kuala Lumpur, Berikut Jadwal Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026

– Palestina

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar