Sabtu, 18 November 2023 11:12

HMJ dan BEM FKIP UNIPA Gelar Pengabdian di Sekolah untuk Semarakkan Hari Guru

HMJ dan BEM FKIP UNIPA Gelar Pengabdian di Sekolah untuk Semarakkan Hari Guru

ABATANEWS, MANOKWARI — Dalam rangka kegiatan Semarak Hari Guru Nasional (SEHARU) 2023, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Papua melakukan beberapa kegiatan. Salah satunya pengabdian ke SMPN 10 Manokwari, Papua Barat, pada Jumat (17/11/2023).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menjalankan tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian, diikuti oleh mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) jurusan di lingkup FKIP-UNIPA di antaranya jurusan PGSD, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Indonesia.

Dalam kegiatan pengabdian tersebut, HMJ di bawah koordinasi BEM dan WD 3 FKIP Unipa melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran inovatif yang sudah disediakan dari masing-masing jurusan.

Baca Juga : 24 Guru di Makassar Terima Penghargaan dari Dewan Pendidikan Makassar

Selain melakukan pembelajaran, peserta dari masing-masing jurusan juga melakukan aksi bakti sosial seperti membersihkan halaman sekolah, menanam bunga dan juga membantu guru-guru dalan pembuatan pagar pada taman mini di sekolah.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari kepala sekolah SMPN 10 Manokwari Erwin Pattikawa. Erwin mengatakan bahwa yang namanya pendidikan itu berjalan terus secara dinamis dan disesuaikan dengan perkembangan zaman, sehingga kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa FKIP-UNIPA ini menjadi tolok ukur bagi sekolah mereka ke depan untuk menjadi sekolah yang bisa diunggulkan

“Saya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan mahasiswa FKIP-UNIPA karena yang namanya pendidikan itu dia berjalan secara dinamis, tidak statis sehingga apa yang dilakukan oleh mahasiswa ini menjadi tolok ukur bagi sekolah kami ke depan untuk menjadi sekolah yang bisa diunggulkan” begitu kata Erwin saat dijumpai di ruang kepala sekolah SMP N 10 Manokwari. (Jumat,17/11/23)

Baca Juga : Hari Guru Nasional, Nadiem Minta Para Guru Lanjutkan Gerakan Merdeka Belajar

Erwin juga mengharapkan kepada pihak FKIP-UNIPA ke depan bisa memperluas skala pengabdian tersebut, misalnya sosialisasi/seminar Pendidikan, penelitian maupun workshop dari mahasiswa maupun dosen bagi guru-guru di sekolahnya.

“Saya berharap ke depannya juga bisa dilaksanakan pelatihan-pelatihan yang dilakukan bukan hanya dari pihak mahasiswa tapi juga dosen semacam PLP, observasi penelitian dan juga workshop” kata Erwin.

Pada kesempatan tersebut, beberapa siswa dari kelas 8B SMP N 10 Manokwari mengatakan sangat bersemangat dengan materi yang diajarkan oleh mahasiswa kepada mereka karena menggunakan metode dan media pembelajaran yang menarik dan kreatif.

Baca Juga : Momentum Peringatan Hari Guru Nasional 2023, FKIP Unipa Gelar Seharu

“Tadi kami belajar Matematika menggunakan permainan luda king yang sangat menarik dan menyenangkan, terima kasih kakak-kakak dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIPA yang sudah memberikan materi kepada kami” kata siswa kelas 8B itu.

Penulis : Azwar
Komentar