Senin, 22 Januari 2024 11:10

Hari Jadi Tanah Luwu ke-756, Ini Pesan Bupati Indah

Hari Jadi Tanah Luwu ke-756, Ini Pesan Bupati Indah 

ABATANEWS, PALOPO – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menghadiri upacara dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-756 tahun Tana Luwu (HJL). Upacara berlangsung di Halaman Depan Istana Kedatuan Luwu, Minggu (21/1/2024).

“Atas nama Pemda dan masyarakat Luwu Utara, kami mengucapkan selamat dan kami berharap semoga usia tahun ini semakin menguatkan semangat dan komitmen Wija To Luwu dalam membangun yang berkeadilan pada seluruh masyarakat yang ada dalam wilayah Tana Luwu,” tutur Indah yang hadir bersama Ketua DPRD, Basir dan Kadis Kominfo, Nursalim Ramli.

Bupati Indah mengatakan ada empat komponen pemerintahan di Tana Luwu. Yaitu Pemerintah Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, dan Kota Palopo yang harus selalu menjunjung sinergitas dalam melayani masyarakat.

Baca Juga : Ketua Golkar Luwu Utara Tegaskan Dukung Airlangga Hartarto Pimpin Lagi Partai Golkar

Selain itu lanjut Indah, di Tana Luwu ada tiga simbol yang menjadi pegangan di setiap daerah. Simbol payung, badik, dan pohon sagu.

“Simbol payung menggambarkan bagaimana pemerintah melindungi masyarakatnya. Saat musim hujan, pemerintah wajib memastikan warganya tidak kehujanan, saat musim panas masyarakat kita tidak kepanasan,” tutur bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Simbol badik sendiri terkandung nilai kesatria yang menjunjung harkat, martabat, dan harga diri. Sedangkan pohon sagu melambangkan ketersediaan pangan yang melimpah.

Baca Juga : Bupati Indah Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe,

“Pada peringatan HJL kita berharap dengan kebersamaan yang terus terajut, mengenang seluruh bakti dari para pendahulu kita, mudah-mudahan kita semua dapat bergandengan tangan untuk membangun Tana Luwu menjadi semakin sejahtera di masa yang akan datang,” harap isteri dari Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi ini.

Penulis : Wahyuddin
Komentar