Minggu, 17 September 2023 20:05

Hadiri Seminar Nasional BPS, Pj Sekda Provinsi: Dorong UMKM Lokal

Hadiri Seminar Nasional BPS, Pj Sekda Provinsi: Dorong UMKM Lokal

ABATANEWS, GORONTALO – Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki, menghadiri seminar nasional yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo, di Grand Palace Convention Center, Kota Gorontalo, Sabtu (16/09/23).

Seminar tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional yang dirangkaikan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) serta Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), pada rangkaian pelaksanaan Hulonthalo Art and Craft Festival tahun 2023.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki, menuturkan bahwa pemerintah daerah kini terus mendorong sektor UMKM di Gorontalo. Budiyanto menambahkan, saat ini pemerintah daerah juga memfokuskan terhadap produk-produk lokal yang menjadi pertumbuhan ekonomi di daerah.

Baca Juga : Silaturahmi Dengan Masyarakat, Ismail Pakaya Gelar Open House di Rujab Gubernur Gorontalo

“Dalam hal ini perangkat daerah termasuk perangkat pemerintah pusat yang ada di daerah, kami dorong untuk juga fokus membelanjakan APBD maupun APBN nya untuk produk-produk lokal,” jelas Budiyanto, saat diwawancarai oleh awak media.

Sementara itu Kepala BPS Provinsi Gorontalo Mukhamad Mukhanif, mengatakan bahwa dari kegiatan gerakan nasional ini juga dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Dimana pada gerakan nasional tersebut, BPS ingin menunjukan simulasi penghitungannya terhadap pengadaan belanja menggunakan produk-produk dalam negeri.

“Kami melihat dari sisi statistiknya adalah, seandainya Gernas BBI ini kita lebih gebyarkan lagi, maka dampaknya pada pertumbuhan ekonomi,” tuturnya.

Penulis : Azwar
Komentar