Kamis, 16 Desember 2021 14:10

Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Lagi, Wapres Ma’ruf Batal Berkunjung

Gunung Semeru mengeluarkan awan panas lagi pada Kamis (16/12/2021) pagi. (Foto: PVMBG)
Gunung Semeru mengeluarkan awan panas lagi pada Kamis (16/12/2021) pagi. (Foto: PVMBG)

ABATANEWS – Gunung Semeru mengeluarkan awal panas lagi. Berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), peristiwanya sekitar pukul 09.01 WIB, pada Kamis (16/12/2021).

Akibatnya, sejumlah relawan dan tim SAR ditarik mundur dari area kawasan gunung. Mereka selama ini bertugas mencari korban akibat semburan pekan lalu (4/12/2021).

Selain itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin juga batal berkunjung ke lokasi pengungsian Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Baca Juga : 40 Pendaki Ada di Gunung Marapi Sumbar Saat Erupsi

“Dari laporan petugas yang di lapangan memang ada luncuran awan panas kembali dari puncak kawah Gunung Semeru,” kata Komandan Satuan Yon Zipur 10 Kapten Muhammad Cendy Burhan, dilansir Kumparan.

“Situasi pencarian dinilai tidak memungkin secara otomatis aktivitas relawan ditunda terlebih dahulu,” katanya lagi.

Sedangkan, Wapres Ma’ruf terpaksa menyapa warga korban terdampak via virtual saja. Ia juga menyampaikan permohonan maafnya lantaran situasi yang tidak memungkinkan ini.

Baca Juga : Gunung Semeru Turun Status Jadi Siaga

“Saya minta maaf yang sedianya hari ini berkunjung ke Pronojiwo dan Candipuro, tapi karena terjadi awan panas tidak dimungkinkan kesana,” ujar mantan Ketua MUI itu, didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansah.

Wapres Ma’ruf sebelumnya didampingi Khofifah dan sejumlah pejabat terkait direncanakan akan melanjutkan penerbangan menggunakan Helikopter Super Puma VVIP menuju Kabupaten Lumajang untuk meninjau Posko Pengungsian Erupsi Semeru di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro. (*)

Komentar