Minggu, 27 Oktober 2024 17:17

Gorontalo Half Marathon 2024 Sukses Dorong Pariwisata dan UMKM Lokal

Gorontalo Half Marathon 2024 Sukses Dorong Pariwisata dan UMKM Lokal

ABATANEWS, GORONTALO – Event Gorontalo Half Marathon (GHM) 2024 berhasil menjadi magnet pariwisata di daerah ini, dengan ribuan orang memenuhi jalan sebagai peserta dan penonton. Gelaran sport tourism pertama di Gorontalo ini memberikan dampak positif yang signifikan pada sektor pariwisata dan UMKM lokal.

Penjabat (Pj.) Gubernur Gorontalo, Rudy Salahuddin, menyampaikan kepuasannya terhadap penyelenggaraan acara ini. Indikator kesuksesannya terlihat dari penuhnya hotel-hotel di sekitar lokasi acara, serta meningkatnya kunjungan ke destinasi wisata dan kuliner di daerah tersebut.

“Wah, hotel-hotel penuh sekali. Bahkan Garuda Indonesia menambah penerbangan. Di pesawat kemarin, teman-teman dari Jakarta disambut dengan ucapan selamat datang untuk para peserta Gorontalo Half Marathon. Dampaknya terasa, banyak pelaku UMKM yang memperoleh pembeli,” ujar Pj. Gubernur Rudy dalam wawancara di sela acara, Minggu (27/10/2024).

Baca Juga : Gorontalo Half Marathon 2024, Anak-Anak Turut Meramaikan dengan Semangat Tinggi

Rudy juga menyampaikan rasa syukurnya atas dukungan para sponsor yang bekerja sama dengan komunitas lari, The Gorontalo Runners. Pihak panitia bahkan harus menolak sejumlah sponsor karena kapasitas peserta yang terbatas.

“Sponsorship sangat luar biasa, bahkan sampai banyak yang tidak bisa kami terima. Peserta pun kami batasi hanya 2.000 orang, tetapi akhirnya kami buka hingga 2.200 orang menyesuaikan dengan kapasitas infrastruktur jalan kita,” tambahnya.

Selain lomba lari, acara ini dimeriahkan dengan panggung hiburan yang menyuguhkan penampilan live DJ, musik, door prize, serta stan UMKM dan sponsor.

Baca Juga : Rudy Salahuddin Sebut FHM 2024 Jadi Ajang Sport Tourism Untuk Perkenalkan Gorontalo

GHM 2024 didukung oleh 29 merek besar, di antaranya PT Agit Gobel, BSG, Gojek, PNM, Wondr, Jasa Raharja, BTN, Peruri, BSI, BPJS Ketenagakerjaan, Garuda Indonesia, Le Minerale, Isoplus, Fitbar, Wardah, Rumah Karawo, Zinc, Gofit, Frisian Flag, Proguard, Rexona, Yupi, Bening’s Gorontalo, Askrindo, M150, Fotoyou, Rumah Alam Dunggala, Entrasol, dan Pegadaian.

Penulis : Azwar
Komentar