Selasa, 14 Desember 2021 20:37

Gegara Impor Bawang Putih Ganggu Petani, Presiden Jokowi Telepon Mendag Lutfi

Gegara Impor Bawang Putih Ganggu Petani, Presiden Jokowi Telepon Mendag Lutfi

ABATANEWS, TEMANGGUNG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menelepon Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi terkait keluhan petani di Temanggung, Jawa Tengah. Warga mengeluhkan terkait impor bawang putih yang menggangu hasil penjualan petani saat musim panen tiba.

“Pak Menteri, ini saya dengan petani di Temanggung. Keluhan mereka semuanya sama, pada saat panen bawah putih itu impornya justru masuk, keluhannya selalu itu,” kata Jokowi saat menelepon Lutfi, dalam keterangan resmi, pada Selasa (14/12/2021).

Akibatnya, kata Jokowi, petani bawang malas untuk menanam bawang putih. Alasannya sederhana, impor sangat berpengaruh terhadap nilai jual hasil panen petani dalam negeri.

Baca Juga : Jokowi Disambut Surya Paloh, Anies Kenakan Batik Saat Hadiri Kongres III NasDem

Mendag Lutfi pun bergerak cepat atas telepon Jokowi. Kata Lutfi, ia akan segera menerjunkan tim ke Temanggung untuk melakukan pengecekan langsung di lapangan dan petani.

“Saya akan kirim tim untuk mengecek,” imbuh Lutfi.

Baca Juga : Ungkapan Jokowi di Penutupan Munas Golkar: Pohon Beringin Bawaannya Adem dan Sejuk

Dari data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, rata-rata harga bawang putih di pasar tradisional tercatat turun Rp100 menjadi Rp29.250 per Kg hari ini.

Sementara, rata-rata harga bawang putih di Jawa Tengah tercatat Rp28.800 per Kg. Lalu, rata-rata harga di Jawa Timur sebesar Rp22.600 per Kg, Jawa Barat Rp28.100 per Kg, dan DKI Jakarta tembus Rp34.500 per Kg. (*)

Komentar