Jumat, 10 Mei 2024 15:03

Gagal Tembus Olimpiade Paris, Timnas Indonesia Fokus Kualifikasi Piala Dunia 2026

Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 di Qatar. (Dok PSSI)
Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 di Qatar. (Dok PSSI)

ABATANEWS, MAKASSARTimnas Indonesia dipastikan gagal tampil di Olimpiade musim panas di Paris 2024. Kekalahan atas Timnas Guinea 1-0 mengubur mimpi Garuda Muda untuk tampil pada ajang tersebut.

Namun, kegagalan Indonesia melaju ke Olimpiade Paris bukan berarti menjadi sebuah aib. Sebab sejauh ini, Witan Sulaeman dan kawan-kawan telah berusaha semaksimal mungkin.

Pasalnya, sejak melakoni kualifikasi menuju Olimpiade Paris tepatnya di Piala Asia U-23 di Qatar, anak asuh Shin Tae-yong telah menunjukkan performa yang diluar dugaan meski dicap sebagai debutan. Target dari PSSI sejatinya hanya lolos perempat final namun berhasil melaju ke semifinal.

Baca Juga : Asean Cup 2024, Indonesia di Grup B Bertemu Dengan Vietnam

Mereka, bahkan mampu mengalahkan Timnas Australia 1-0 yang notabene salah satu negara langganan Piala Dunia. Lalu, Indonesia juga membantai Timnas Yordania dengan skor 4-1 hingga memastikan tembus perempat final Piala Asia U-23.

Pada partai gugur, Garuda Muda turut menumbangkan Timnas Korea Selatan lewat drama adu penalti usai bermain 2-2 di waktu normal. Sayangnya, Indonesia harus takluk ditangan Uzbekistan di babak semifinal dan kembali kalah dari Irak pada perebutan tempat ketiga.

Kekalahan ini, juga memaksa Indonesia harus kembali mengikuti play-off Olimpiade Paris dengan melawan Guinea. Sayangnya, Indonesia kembali takluk 1-0 sekakigus gagal melaju ke Olimpiade Paris.

Baca Juga : Tak Ada Elkan dan Klok, Ini Daftar Pemain Indonesia Disiapkan Lawan Irak dan Filipina

“Kita memang belum berhasil menginjak Olimpiade kali ini. Namun perjalanan panjang dan pencapaian yang ditorehkan para pemain, pelatih, dan ofisial timnas sejak Piala Asia, hingga playoff menunjukkan sepakbola kita punya kualitas untuk tampil di Olimpiade,” ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir seperti dikutip dari situs resmi PSSI, Jumat (10/5/2024).

Meski gagal, Timnas Indonesia masih akan melakoni sejumlah laga penting dalam beberapa bulan ke depan. Adalah kualifikasi Piala Dunia 2026 di Grup F zona Asia dengan melawan Timnas Irak.

Melawan Irak, akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta pada 6 Juni 2024 mendatang. Laga ini akan menjadi pertemuan kedua bagi kedua tim di kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah sebelumnya Indonesia tumbang 5-0 di Irak.

Baca Juga : Erick Thohir Bertemu Pihak KNVB, Ada Peluang Timnas Belanda Bertemu Indonesia

Setelah melawan Irak, Indonesia masih akan melakoni satu partai dengan melawan Timnas Filipina. Laga ini, juga akan berlangsung di SUGBK Jakarta pada 9 Juni 2024 mendatang.

Adapun peluang Indonesia melaju ke ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 sangat terbuka lebar. Sebab sejauh ini, anak asuh Shin Tae-yong menempati posisi kedua Grup F dengan koleksi 7 poin.

Sementara Irak memuncaki klasemen Grup F dengan koleksi 12 poin dan Vietnam di posisi ketiga dengan 3 poin serta Filipina di posisi keempat dengan 1 poin. Indonesia, hanya butuh satu kemenangan untuk melaju ke ronde selanjutnya.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar