Selasa, 19 Desember 2023 11:14

Format Debat Cawapres Sama Seperti Capres, Menanti ‘Adu Mulut’ Gibran vs Mahfud

Format Debat Cawapres Sama Seperti Capres, Menanti ‘Adu Mulut’ Gibran vs Mahfud

ABATANEWS, JAKARTA — Debat antar calon wakil presiden akan berlangsung pada Jumat (22/12/2023). Ini merupakan debat kedua pada Pilpres 2024 yang digelar KPU RI.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari mengatakan, tak ada perbedaan format antara debat pertama pada 12 Desember lalu dengan debat yang akan datang.

Seperti diketahui, pada debat pertama, yang tampil menyampaikan gagasan dan saling mendebat ialah calon presiden. Untuk Jumat nanti, yang akan melakukan hal itu yaitu calon wakil presiden.

Baca Juga : Cak Imin Sebut Prabowo Batal Hadir di Penutupan Muktamar PKB Karena Masuk Angin

”Format debat cawapres akan sama persis seperti debat capres. Debat terbagi menjadi enam segmen, dan empat di antaranya akan memunculkan interaksi antarcawapres. Pada segmen pertama, cawapres akan menyampaikan visi, misi, dan program kerja. Segmen kedua dan ketiga adalah pendalaman visi, misi, dan program kerja,” kata Hasyim, kepada wartawan.

Adapun tema yang diangkat dalam debat nantinya ialah ekonomi kerakyatan dan digital; keuangan; investasi; pajak; perdagangan; pengelolaan APBN/APBD; infrastruktur; serta perkotaan. Jumlah tema yang diangkat pada debat cawapres ini lebih sedikit dibandingkan debat capres yang pertama, yakni sebanyak delapan topik.

”Formatnya sama persis, tidak ada perubahan, sebagaimana yang terjadi di debat calon presiden yang pertama,” jelasnya lagi.

Baca Juga : Cak Imin Ungkap PKB dan Gerindra Sudah Resmi Berkoalisi, tapi…

Selain itu, Hasyim juga kembali mengingatkan, orang-orang yang hadir pada debat nantinya untuk mematuhi tata tertib. Sebab, hal itu berdampak pada jalannya debat

 

Penulis : Azwar
Komentar