Jumat, 25 Maret 2022 21:32

Ferdinand Sinaga Cetak Sejarah, Bawa PSM Terhindar dari Degradasi

Selebrasi Ferdinand Sinaga usai mencetak gol ke gawang Persiraja Banda Aceh dalam duel pekan 33 Liga 1 2021-2022 yang berakhir 1-0 untuk PSM, Jumat (25/3/2022). (foto/official PSM Makassar)
Selebrasi Ferdinand Sinaga usai mencetak gol ke gawang Persiraja Banda Aceh dalam duel pekan 33 Liga 1 2021-2022 yang berakhir 1-0 untuk PSM, Jumat (25/3/2022). (foto/official PSM Makassar)

ABATANEWS, MAKASSAR – Ferdinand Sinaga sukses mencetak sejara bersama PSM Makassar. Pasalnya, di laga hidup mati tim asal Makassar itu, Sinaga mampu membawa timnya terhindar dari degradasi.

Ya, seperti diketahui, Pasukan Ramang melakoni pertandingan menghadapi Persiraja Banda Aceh. Laga ini, tersaji di pekan 33 Liga 1 2021-2022 di Stadion Kompyang Sujana, Bali, Jumat (25/3/2022).

Laga ini, terasa sangat berat bagi juara Piala Indonesia 2018-2019 itu karena hasilnya akan menjadi penentu. Jika kalah, PSM bisa saja degradasi dengan syarat Persipura Jayapura memenangkan laga terakhirnya.

Baca Juga : PSM Makassar Punya Peluang Besar Perlebar Jarak dengan Pesaing di Papan Klasemen

Sementara jika menang, PSM otomatis terhindari dari degradasi karena poinnya bertambah menjadi 38. Atau lebih tepatnya, Persipura Jayapura yang kini mengemas 33 poin tak bisa mengejar PSM meski menang di laga terakhir.

Namun, Persipura akan mengancam Barito Putera yang berada di posisi 15 dengan 35 poin. Atau kemungkinan menyalip PSS Sleman yang kini mengemas 36 poin.

Terlepas dari hitung-hitungan tersebut, PSM Makassar pun akhirnya bisa selamat dari jurang degradasi. Yakni, setelah memenangkan laga menghadapi Persiraja.

Baca Juga : Venue Pekan Kelima Arema FC versus PSM Berubah, Dilaksanakan di Stadion Batakan

Di laga itu, Persiraja sejatinya mampu mengimbangi permainan lawan. Bahkan, di menit ke 5 sang gelandang, Bruno Dybal nyaris mencetak gol lewat sepakan jarak jauhnya.

Andai kiper PSM, Syaiful Syamsuddin tak cekatan dengan menepis bola, kemungkinan Persiraja berhasil unggul. Kemudian, Pasukan Ramang balik menyerang dengan mengandalkan serangan bola atas.

Di dalam kotak penalti lawan, ada Rasyid Bakri yang menerima umpan lambung di menit 8. Tetapi, satu kesempatan dengan menerima bola dan dilanjutkan ke sepakan voli hanya melambung tipis di atas gawang Persiraja.

Baca Juga : Kualifikasi Piala Dunia, Tak Ada Pemain PSM Makassar Dipanggil Timnas Indonesia

Upaya lain yang dilakukan PSM untuk membobol gawang Persiraja yakni melalui sepakan Yakob Sayuri di menit 16. Sayangnya, bola hanya membentur mistar gawang.

Pada menit 40, Persiraja malah sukses membobol gawang PSM lewat tandukan Muhammad Rifaldi. Beruntung, hakim telah mengangkat bendera tanda offside.

Kebuntuan pun pecah dari kubu PSM Makassar lewat Ferdinand Sinaga. Ia, melesatkan bola ganti g di menit 41 yang tak mampu digapai kiper Persiraja Aji Bayu Putra.

Baca Juga : Tavares Harap Laga PSM Lawan Persib Bisa Dihadiri Banyak Suporter

Skor pun menjadi 1-0 untuk PSM Makassar menutup babak pertama. Di babak kedua, tak ada lagi gol yang tercipta bagi kedua kesebelasan.

Berkat secuil gol dari pemain asal Bengkulu itu, PSM lantas dipastikan batal terdegradasi di Liga 2 musim depan. Dengan hasil ini, PSM pun berada di posisi 12 dengan 38 poin.

Komentar