Selasa, 18 April 2023 16:02

HIKMAH

Doa Akhir Ramadan yang Dibaca Rasulullah SAW, Amalkan Sebelum Bulan Puasa Berakhir

Ilustrasi Berdoa (Foto: Freepik.com)
Ilustrasi Berdoa (Foto: Freepik.com)

ABATANEWS.COM – Tidak terasa Ramadhan 1444 H hanya tinggal hitungan hari sebelum meninggalkan umat Muslim. Banyak yang kini sudah mulai bersiap untuk menyambut Lebaran. Namun, akan terasa haru saat Ramadhan sudah mendekati akhir karena belum tentu kita akan dipertemukan kembali dengan Ramadhan tahun depan.

Pada hari-hari terakhir Ramadhan ini, ada banyak amalan yang dianjurkan untuk dilakukan. Salah satunya adalah membaca doa akhir Ramadhan. Membaca doa ini adalah sunnah dan diajarkan oleh Rasulullah SAW, sesuai hadits Jabir bin Abdillah RA dari Muhammad al Mustafa. Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca doa ini pada hari terakhir Ramadhan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan di antaranya menjumpai Ramadhan mendatang atau pengampunan dan rahmat Allah.”

Baca Juga : Bolehkah Baca Al Quran Melalui HP? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Menurut hadits di atas, membaca doa akhir Ramadhan memiliki kebaikan agar kita bisa berjumpa lagi dengan Ramadhan tahun depan atau ampunan dari Allah SWT. Berikut ini bacaan doa akhir Ramadhan.

أَللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Arab Latin : ‘Allahumma laa taj’alhu akhiral ‘ahdi min shiyamina iyyahu, fain ja’altahu faj’alnii marhuuman wa laa taj’alnii mahruuman.’

Baca Juga : Bolehkah Membayar Zakat Fitrah dari Uang Hasil Hutang?

Artinya: “Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati bukan yang hampa semata.”

Bacalah doa akhir Ramadhan secara khusyuk untuk memohon agar kita semua dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan selanjutnya. Doa ini juga mengandung makna jika tidak dipertemukan lagi dengan Ramadhan selanjutnya maka jadikan puasa yang sedang dijalani dirahmati oleh Allah SWT.

Selain membaca doa akhir Ramadhan di atas, umat Muslim juga disarankan untuk melakukan amalan-amalan di 10 hari terakhir Ramadhan untuk menyempurnakan ibadah puasa yang sedang dilakukan.

Baca Juga : Bagaimana Jika Saat Lebaran Ditanya Kapan Nikah? Ini Kata Ustadz Abdul Somad

Amalan-amalan pada 10 Hari Terakhir Ramadhan

1. Itikaf
Itikaf atau berdiam diri di masjid dengan niat untuk beribadah kepada Allah SWT. Amalan ini harus dilakukan dengan banyak melaksanakan ibadah lainnya, seperti membaca Al Quran, sholat fardhu dan sunnah, dzikir, Istighfar, dan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

2. Perbanyak Sedekah
Sedekah menjadi salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan khususnya di bulan Ramadhan. Allah SWT sangat memuliakan orang-orang yang bersedekah. Sedekah di bulan Ramadhan juga mendatangkan pahala yang lebih besar dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Baca Juga : Bisakah Wanita Haid Mendapat Malam Lailatul Qadar, Ini Penjelasan Buya Yahya

3. Memperpanjang Salat Malam
Dianjurkan untuk memperpanjang salat malam pada 10 hari terakhir Ramadhan yakni dengan menambah jumlah rakaat saat salat malam atau berdzikir di sepertiga malam. Sebab, kebiasaan ini juga dilakukan oleh Rasulullah SAW saat mulai memasuki 10 hari terakhir Ramadhan dengan menghidupkan malam untuk beribadah.

4. Membaca Al Quran
Amalan lainnya yang bisa dilakukan saat 10 hari terakhir Ramadhan adalah membaca Al Quran. Membaca Al Quran di bulan Ramadhan pahalanya akan dilipatgandakan. Selain itu juga bisa membuat pikiran dan hati menjadi lebih tenang.

5. Dzikir
Dzikir adalah salah satu hal yang penting untuk melengkapi ibadah dan mendatangkan banyak pahala. Pada 10 hari terakhir Ramadhan, dzikir sangat dianjurkan karena bisa mendekatkan kita kepada Allah SWT dan sebagai pengingat diri akan segala rasa syukur yang telah dianugerahi oleh Allah SWT.

Penulis : Nidi
Komentar