Kamis, 18 Januari 2024 15:08

Ditarget Rampung Mei 2024, Pembangunan TC PSSI Gunakan Anggaran Hibah dari FIFA Rp 90 M

Ditarget Rampung Mei 2024, Pembangunan TC PSSI Gunakan Anggaran Hibah dari FIFA Rp 90 M 

 

ABATANEWS.COM – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan TC PSSI untuk Timnas Indonesia di IKN akan segera digunakan. Pasalnya, sampai saat ini, progres pembangunan sudah mencapai 20 persen.

“Dan kita harapkan Mei (2024) udah jadi, dan Juni (2024) sudah bisa dipakai untuk TC, untuk U-20,” kata Jokowi saat meninjau TC Timnas di IKN pada Rabu (17/1/2024).

Baca Juga : Jokowi Tegaskan Keppres Pemindahan Ibu Kota Tunggu Situasi Lapangan, Bisa Diteken Prabowo

Nantinya, lokasi TC Timnas ini akan diperuntukkan bagi skuad Indonesia dalam melakukan persiapan. Bahkan, dalam waktu dekat ini, Timnas Indonesia U-20 akan melakukan TC di IKN.

“Masuk ke sini. Coach Indra (Sjafri ) juga sudah katakan siap untuk TC di IKN. Rumput juga sudah disemai semuanya,” sambung Jokowi.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menjelaskan, pembangunan TC PSSI merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan prestasi sepak bola Indonesia.

Baca Juga : Wasit Liga 1 Ikuti Kursus Jelang Liga 1 Bergulir, Dibimbing Wasit dari FIFA

Dengan fasilitas bertaraf internasional, para pemain dan staf pelatih akan dapat berlatih dan berkembang di lingkungan yang mendukung, dilengkapi dengan infrastruktur terkini, serta program dan metodologi latihan terbaik.

Pembangunan TC PSSI tahap 1 ini, mendapat dana hibah dari FIFA Forward senilai US$5.6 juta atau setara dengan Rp 90 miliar. Untuk tahap 1 ini, pembangunan difokuskan pada lapangan rumput natural, lapangan rumput artifisial, asrama, dan ruang ganti pemain.

Untuk asrama di Tahap 1, total kapasitasnya adalah 70 orang, terdiri dari 28 twin room untuk pemain, 10 single room untuk tim pelatih, dan 3 suite untuk pelatih kepala.

Baca Juga : Bantai Vietnam 5-0, Indonesia Raih Juara Ketiga Piala AFF U-16

“Pak Jokowi juga menyampaikan kepada kami dengan percepatan pembangunan TC ini, maka PSSI akan punya fasilitas yang memadai sehingga para pemain dan staf pelatih akan dapat berlatih dengan lebih baik dan meningkatkan kualitas sepak boka Indonesia,” tambah Erick.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar