Jumat, 03 Maret 2023 15:46

Dispora Makassar Latih Pemuda Bahari Life Skill Scuba Diving

Dispora Makassar Latih Pemuda Bahari Life Skill Scuba Diving

ABATANEWS, MAKASSAR – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar melalui Bidang Pemberdayaan Pemuda memberikan pelatihan life skill dan sertifikasi scuba diving kepada pemuda bahari.

Diikuti pemuda yang mayoritas berasal dari Kepulauan Sangkarrang dan wilayah pesisir seperti Kecamatan Ujung Tanah, pelatihan ini berlangsung mulai 2-16 Maret 2023.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora, Muhammad Dasysyara Dahyar atau yang akrab disapa Dee mengatakan pelatihan ini diberikan untuk meningkatkan sumber daya pemuda yang ada di wilayah kepulauan dan pesisir.

Baca Juga : Dispora Makassar Perkuat Program Smart Milenial

Juga sekaligus menindaklanjuti aspirasi pemuda yang ada di Kepulauan Sangkarrang yang ingin ada pelatihan life skill selam.

“Jadi kita berikan mereka life skill supaya mereka bisa membuat usaha sendiri seperti open trip, jadi tour guide untuk selam,” kata Dee, Kamis (2/3).

Pelatihan ini juga sejalan dengan Visi-Misi Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto bersama Wakilnya Fatmawati Rusdi untuk menyediakan 10 ribu life skill training gratis.

Baca Juga : Semangat 2 Pemuda Makassar Jadi Pemuda Pelopor Kemenpora RI

Untuk itu, lanjut Dee, pelatihan ini memang diadakan oleh Bidang Pemberdayaan Pemuda karena melalui pelatihan life skill ini pemuda yang ada di pulau memiliki keterampilan dalam menjalankan kegiatan kebaharian.

“Seperti berkecimpung sebagai tour guide selam, atau membuka wirausaha sebagai operator scuba diving,” ujarnya.

Karenanya itu, dalam pelatihan life skill ini Dispora menggandeng organisasi pelatihan penyelam Professional Association of Diving Instructors (PADI).

Baca Juga : Delegasi Pemuda dari Seluruh Indonesia akan Melakukan Sidang pada Kegiatan Indonesia Youth Summit

Semua peserta yang telah mengikuti pelatihan selanjutnya akan diberikan lisensi internasional yang dikeluarkan PADI, lembaga yang diakui 183 negara di dunia untuk mengeluarkan lisensi menyelam.

“Ini lisensi induknya dari Amerika, dan diakui sebagai lembaga yang mengeluarkan lisensi menyelam,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dispora Makassar, Andi Pattiware menegaskan sengaja menggandeng PADI karena output dari pelatihan life skill fokus untuk mencetak wirausaha muda di kepulauan.

Baca Juga : Indira Yusuf Ismail Sebut Soft Skill dan Hard Skill Kunci Kesuksesan Pemuda di Era Digital

“Kita memang sengaja gandeng PADI karena pertama, pelatihan ini untuk memberikan life skill dan kedua agar mereka bisa membuka usaha di dunia penyelaman,” jelasnya.

Andi Pattiware juga berharap melalui pelatihan ini pemuda bahari khususnya yang bermukim di wilayah Kepulauan Sangkarrang bisa membuka usaha di bidang penyelaman.

“Melalui pelatihan ini kita memberikan bekal kepada pemuda bahari berupa pengetahuan masyarakat dalam melakukan penyelaman scuba yang aman bertanggung jawab bagi diri dan lingkungan sekitar,” ungkap Andi Pattiware.

Baca Juga : Plt Kadispora Makassar Dampingi Wali Kota Danny Ponanto Pembukaan Piala Wali Kota Cup VII 2024

Belangsung selama dua pekan, pelatihan ini digelar di dua tempat yang berbeda. Yakni di Hotel Royal Bay Makassar dan Pulau Samalona.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar