Jumat, 25 Februari 2022 18:20

Dirjen Guru Kemendikbudristek Pantau Langsung Program MBKM dan PPG di UNM

Dirjen Guru dan Tenaga Pendidikan Kemendikbudristek Irwan Syahril menerima cendramata dari Rektor UNM Prof Husain Syam usai memantau MBKM di Makassar, pada Jumat (25/2/2022). (Foto: ABATANEWS/Wahyuddin)
Dirjen Guru dan Tenaga Pendidikan Kemendikbudristek Irwan Syahril menerima cendramata dari Rektor UNM Prof Husain Syam usai memantau MBKM di Makassar, pada Jumat (25/2/2022). (Foto: ABATANEWS/Wahyuddin)

ABATANEWS, MAKASSAR – Dirjen Guru dan Tenaga Pendidikan Kemendikbudristek Irwan Syahril, memantau program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Program Profesi Guru (PPG) di Universitas Negeri Makassar, pada Jumat (25/2/2022).

Irwan Syahril mengatakan MBKM akan menjadi sebagai program unggulan yang diharapkan mampu menciptakan SDM yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

Begitu juga PPG, salah satu program utama kementerian yang bisa mencetak tenaga pendidik yang profesional yang memiliki panggilan jiwa yang kuat untuk mendidik.

Baca Juga : Kemendikbud: Masih Banyak Guru yang Tidak Linear dengan Latar Pendidikannya

Di kementerian sendiri kita akan beri penguatan pada PGSD karena pendidikan dasar merupakan hal yang paling utama dalam pendidikan dan Transformasi PPG serta penguatan PGSD,” jelasnya, dalam keterangannya di Makassar.

Ia pun menaruh harapan lebih pada UNM sebagai salah satu kampus keguruan yang mampu mencetak tenaga pendidikan yang profesional dan berdedikasi.

“Harapan kami sangat tinggi pada UNM karena kami tahu UNM salah satu tonggak penting dalam pendidikan guru di Indonesia,” katanya.

Baca Juga : Ketua IKA UNM Kecam Perusakan Fasilitas Kampus, Desak Polda Sulsel Usut Tuntas

Syahril dalam kesempatan tersebut sekaligus menyampaikan UNM sebagai salah satu kampus yang seringkali mencatatkan namanya sebagai kampus berprestasi.

“Saya beberapa kali melihat nama UNM dalam berbagai macam prestasi, saya tidak kaget karena UNM memang bagus” ujarnya.

Rektor UNM Prof Husain Syam menyatakan pihaknya selalu berkomitmen dalam mengawal setiap program dari kementerian.

Baca Juga : Syahrullah Asyari Raih Gelar Doktor Ilmu Pendidikan Matematika di UNM, Ketua PP Muhammadiyah Jadi Penguji

Ia menyampaikan hampir semua program yang dibuat oleh kementerian, UNM telah mengikutinya dan hal itu langsung direspon positif dengan menginterpretasi skema dan membuat panduan pelaksanaan dalam internal UNM sendiri.

Bahkan di beberapa program yang ada, UNM menjadi acuan dalam pelaksanaannya bagi kampus lain.

“Saya selalu mendorong agar UNM selalu ikut mengambil bagian dari seluruh program kementerian dan Alhamdulillah, di beberapa bagian kita menjadi acuan bagi kampus lain,” katanya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar