Sabtu, 10 Juni 2023 22:35

Dipaksa Adu Tos-tosan, PSM Tersingkir dari Perebutan Tiket Kualifikasi LCA

Striker PSM Makassar, Everton Nascimento dikawal ketat pemain Bali United dalam duel leg kedua playoff LCA di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sulsel, Sabtu (10/6/2023). (foto: Official PSM Makassar)
Striker PSM Makassar, Everton Nascimento dikawal ketat pemain Bali United dalam duel leg kedua playoff LCA di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sulsel, Sabtu (10/6/2023). (foto: Official PSM Makassar)

ABATANEWS.COM – Pupus sudah harapan PSM Makassar menuju kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) 2023-2034. Pasukan Ramang harus merelakan tiket kualifikasi ke Bali United yang sukses menang pada laga playoff.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare dimenangkan Bali dengan Adi tos-tosan. Tim tamu mampu mencetak 5 gol sementara PSM hanya mampu mencetak 4 gol.

Penendang terakhir dari PSM Makassar, Wiljan Pluim gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Di mana sepakannya, melambung tinggi hingga skor berakhir 4-5.

Baca Juga : Tumbang Dari Arema, Bernardo Tavares Heran Wasit Tidak Beri Penalti ke PSM

Adapun pada babak pertama, kedua kesebelasan tak mampu mencetak gol. Alhasil, skor 0-0 menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, petaka menimpah Juku Eja dengan lahirnya gol untuk kubu Bali United. Gol itu, lahir dari kesalahan Erwin Gutawa yang melakukan sapuan hingga bola masuk ke gawang PSM.

Alhasil, skor menjadi 0-1 di menit 51 untuk keunggulan Bali United. Tertinggal skor, Pasukan Ramang terus mengejar ketertinggalan.

Baca Juga : Bernardo Tavares Sanjung Skuad Arema, Sebut Calon Lawan Tim Kuat

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares bahkan harus merotasi pemain. Ia mengganti Yance Sayuri dan Yakob Sayuri dan digantikan Rizky Eka dan Muhammad Dzaky.

Keputusan itu, akhirnya berbuah manis setelah Rizky Eka menciptakan gol indah dan menyamakan kedudukan. Sepakan melengkungnya di area pertahanan Bali tak mampu dijangkau kiper lawan.

Skor akhirnya berubah 1-1 pada menit 83. Meski demikian, pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan setelah skor tetap imbang 1-1.

Baca Juga : Jelang Lawan PSM, Pelatih Arema FC: Mereka Tim Bagus Arema Tim Besar

Pada babak pertama perpanjangan waktu, drama terjadi usai kiper Bali United, Adilson Aguero Dos Santos diganjar kartu merah. Hal itu, setelah ia menjatuhkan Adilson Gancoh.

Alhasil, Bali United harus bermain 10 pemain. Meski unggul pemain, PSM Makassar tak mampu mencetak gol hingga laga dilanjutkan ke adu penalti.

Lima pemain Bali mampu menyelesaikan tugasnya dengan mencetak gol masing-masing dari Spaso, Brawanouri, Ricky Fajrin, Gaudi, dan M Rahmat. Sementara PSM masing-masing Yuran Fernandes, Adilson, Rasyid Bakri, Ananda Raehan, dan Pluim gagal mencetak gol.

Baca Juga : Jadwal Pekan Kelima Liga 1, PSM Makassar Jamu Arema FC

Dengan kekalahan ini, PSM Makassar akan tetap tampil di ajang Asia yakni Piala AFC Cup. Sementara Bali, akan berlaga di kualifikasi ACL 2023-2024 dengan menghadapi tim-tim dari Asia Tenggara dan Asia Timur.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar