Senin, 15 Juli 2024 21:36

Dinkes Lutra Sosialisasi Integrasi Layanan Primer, Berikut Arahan Bupati Indah

Dinkes Lutra Sosialisasi Integrasi Layanan Primer, Berikut Arahan Bupati Indah 

ABATANEWS, LUWU UTARA – Integrasi Layanan Primer (ILP) merupakan bagian integral dari transformasi kesehatan. Melalui Dinas Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara menggelar sosialiasi terkait ILP, senin (15/07/2024) di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara.

Diharapkan ILP menjadi kebijakan yang diimplementasikan secara bertahap di Kabupaten Luwu utara.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat menyampaikan arahan menekankan perlunya tindaklanjut sesuai dengan kondisi fasilitas kesehatan yang diharapkan yakni perbaikan pada mutu layanan kesehatan di puskesmas dan jejaringnya.

Baca Juga : Dandang Jadi Pionir Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Luwu Utara

Tak hanya itu, melalui transformasi ini diharapkan dapat menjawab permasalahan kesehatan, salah satunya meningkatkan capaian Standar Pelayanan Minimal (SPM) sektor kesehatan.

“Transformasi kesehatan primer ditopang oleh enam pilar yakni edukasi penduduk, pencegahan primer, pencegahan sekunder, dan yang terakhir meningkatkan kapasitas dan kapabilitas primer. Melalui transformasi diharapkan dapat menjawab permasalahan kesehatan salah satunya meningkatkan capaian SPM sektor kesehatan,” jelasnya.

Bukan hanya itu, Indah menjelaskan perlunya tindaklanjut sesuai dengan kondisi fasilitas kesehatan yang diharapkan, yakni perbaikan pada mutu layanan kesehatan di puskesmas dan jejaringnya.

Baca Juga : Petugas Objek Wisata di Luwu Utara Diminta Miliki Sense of Belonging

Ada pula Pembentukan TIM Integrasi Layanan Kesehatan Primer mulai Kabupaten, Puskesmas, Pustu, dan Posyandu. Kemudian penerapan Integrasi Layanan Kesehatan Primer di 16 Puskesmas se-Kabupaten Luwu Utara.

Lalu, Kick Off Penerapan ILP Tingkat Kabupaten Luwu Utara dan Pendampingan Penerapan ILP pada PKM, Pustu, dan Posyandu.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan dan Riset Daerah (Bapperida) Luwu Utara, Aspar menyampaikan, pelayanan kesehatan primer merupakan ujung tombak dari pelaksanaan pembangunan kesehatan.

Baca Juga : Anak-anak yang Memiliki KIA Dapat Diskon 15% Jika Belanja di Challodo Masamba

“Dalam Sistem Kesehatan Nasional, pendekatan pelayanan kesehatan primer dinyatakan sebagai pendekatan yang tepat dalam mencapai kesehatan bagi semua, merupakan ujung tombak dari pelaksanaan pembangunan kesehatan,” tegasnya.

Lebih lanjut Ia menerangkan, pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari Pembangunan Nasional sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024.

Dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Bidang Kesehatan (RPJPK) 2005-2025, tahapan ke-4 (2020-2024), pembangunan kesehatan diharapkan dapat memantapkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, yang akan ditunjukkan dengan tercapainya target berbagai indikator.

Baca Juga : Indah Resmi Lantik Pimpinan Baznas Luwu Utara

“Pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari Pembangunan Nasional sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024,” jelasnya.

Penulis : Wahyuddin
Komentar