Kamis, 15 Agustus 2024 09:05

Dimulai 20 Agustus, Ini Jadwal Lengkap Seleksi CPNS 2024

Ilustrasi CPNS dan PPPK.
Ilustrasi CPNS dan PPPK.

ABATANEWS, JAKARTA — Pemerintah telah mengumumkan jadwal resmi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Tahun Anggaran 2024, membuka peluang bagi masyarakat yang berminat menjadi bagian dari aparatur negara.

Pendaftaran akan dimulai pada 20 Agustus hingga 6 September 2024, dengan berbagai tahapan seleksi yang telah dipersiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pengumuman ini disampaikan melalui Surat Badan Kepegawaian Negara Nomor: 5419/B-KS.04.01/SD/K/2024, yang ditandatangani oleh Plt. Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto.

Baca Juga : Dua Kementerian Perpanjang Pendaftaran CPNS 2024, Fokus pada Pendidikan dan Agama

Tahapan seleksi CPNS 2024 mencakup proses pengumuman, pendaftaran, seleksi administrasi, hingga pelaksanaan tes kompetensi. Ini merupakan kesempatan penting bagi para pencari kerja yang bercita-cita mengabdikan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Tahapan awal dimulai dengan pengumuman seleksi yang akan dilakukan pada 19 Agustus hingga 2 September 2024, memberikan waktu bagi calon peserta untuk mempersiapkan diri sebelum pendaftaran resmi dibuka.

Proses pendaftaran akan berlangsung mulai 20 Agustus hingga 6 September 2024, dilanjutkan dengan seleksi administrasi yang berlangsung hingga 13 September 2024.

Baca Juga : Pendaftaran CPNS 2024 Resmi Ditutup, Instansi Pusat Kurang Diminati

Peserta yang lulus seleksi administrasi akan melanjutkan ke tahap berikutnya, termasuk seleksi kompetensi dasar (SKD) yang dijadwalkan berlangsung dari 16 Oktober hingga 14 November 2024.

Hasil dari seleksi ini akan menjadi penentu bagi peserta untuk melanjutkan ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) yang akan digelar mulai 20 November hingga 20 Desember 2024.

Proses integrasi nilai SKD dan SKB akan berlangsung pada akhir tahun, dengan pengumuman hasil akhir CPNS dijadwalkan pada awal Januari 2025.

Baca Juga : Ingat! Hari Ini Batas Akhir Pendaftaran CPNS 2024

Bagi mereka yang merasa tidak puas dengan hasilnya, masa sanggah telah disiapkan untuk memastikan transparansi dan keadilan dalam proses seleksi ini.

Seleksi CPNS 2024 ini menjadi kesempatan emas bagi mereka yang ingin bergabung dalam birokrasi pemerintah. Dengan jadwal yang sudah dipublikasikan jauh-jauh hari, calon pelamar diharapkan memanfaatkan waktu yang ada untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, mengingat persaingan yang ketat dan prosedur yang kompleks dalam proses seleksi ini.

Penulis : Azwar
Komentar