Sabtu, 23 Maret 2024 20:09

Dikritik Jelek, Pengelola GBK Diminta Serius Benahi Rumput Sebelum Indonesia Berjumpa Irak dan Filipina

Dokumentasi Stadion Urama Gelora Bung Karto (SUGBK) Jakarta. (foto: gbk.id)
Dokumentasi Stadion Urama Gelora Bung Karto (SUGBK) Jakarta. (foto: gbk.id)

ABATANEWS.COM – Kritik pedas hingga sorotan tajam baru saja dilayangkan ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Pasalnya, rumput lapangan stadion bersejarah itu sangat buruk hingga jadi sorotan sejumlah pihak.

Penampakan rumput lapangan SUGBK yang buruk sangat jelas terlihat kala Timnas Indonesia menjamu Timnas Vietnam pada kualifikasi Piala Dunia 2026 di Grup F putaran kedua zona Asia pada Kamis 21 Maret 2023 lalu. Kondisi itu, lantas membuat kedua kesebelasan cukup sulit dalam mengalirkan bola.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir pun angkat bicara terkait masalah rumput SUGBK. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, ia telah meminta kepada pengelola stadion agar lebih serius dalam membenahi rumput lapangan.

Baca Juga : Wasit Liga 1 Ikuti Kursus Jelang Liga 1 Bergulir, Dibimbing Wasit dari FIFA

“Saya sudah meminta keseriusan pihak GBK untuk masalah rumput. Hari ini juga saya sudah meminta sama PSSI dan bapak Presiden sendiri sudah menginstruksi pak Basuki untuk melakukan percepatan perbaikan,” ungkap Erick Thohir dalam pernyataan resminya dikutip Sabtu (23/3/2024).

Menurutnya, kondisi lapangan yang buruk jelas sangat mencoreng nama baik Indonesia. Pasalnya, laga kualifikasi Piala Dunia ini sangat disorot hingga disaksikan dari berbagai negara.

Menteri BUMN ini pun menambahkan pihak GBK sudah menyanggupi sendiri soal perbaikan rumput stadion. Ia pun akan menunggu hasil permbaikan rumput SUGBK sebelum dipakai pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia menghadapi Irak dan Filipina.

Baca Juga : Bantai Vietnam 5-0, Indonesia Raih Juara Ketiga Piala AFF U-16

“Jadi kemarin dari GBK menyanggupi (perbaikan rumput). Jadi saya menunggu ketika kita menjadikan tuan rumah melawan Irak dan Filipina kita buktikan janji mereka,” imbuh Erick Thohir.

Adapun sebelumnya, Pelatih Timnas Vietnam, Pelatih Vietnam Philippe Troussier juga memberikan kritik terhadap rumput SUGBK. Ia bahkan blak-blakan menyenut rumput SUGBK sangat jelek.

“Lapangan sangat jelek, harusnya kami bisa bermain di lapangan yang lebih baik. Ada banyak sekali bagian yang rusak, tapi bagi saya kami tetap mencoba untuk memainkan bola dari kaki ke kaki. Dan terakhir kami tidak bisa mengatakan bahwa kondisi lapangan merugikan kami,” kata Philippe Troussier usai laga Indonesia bersus Vietnam yang berakhir 1-0.

Baca Juga : Jadwal Timnas Indonesia vs Australia: Nova Arianto Waspadai 3 Pemain Lawan

Indonesia sendiri akan lebih dulu menghadapi Vietnam dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertandingan akan berlangsung di My Dinh Stadium pada Selasa 26 Maret mendatang.

Barulah melawan Timnas Irak pada 6 Juni 2024 mendatang dan menyusul menghadapi Timnas Filipina pada 11 Juni mendatang. Kedua laga ini akan berlangsung di SUGBK dan merupakan lanjutan Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026.

Penulis : Wahyu Susanto
Komentar