Senin, 06 November 2023 19:10

Diarpus Gorontalo Gelar Semarak Bulan Literasi, Libatkan Seniman hingga Budayawan

Diarpus Gorontalo Gelar Semarak Bulan Literasi, Libatkan Seniman hingga Budayawan 

ABATANEWS, GORONTALO – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo mengadakan kegiatan “Semarak Bulan Literasi Daerah”.

Kegiatan yang dipusatkan di Perpustakaan Umum H.B. Jassin Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo, Senin (6/11/2023).

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo Ridwan Hemeto mengatakan kegiatan belajar ini, melibatkan berbagai unsur, termasuk pegiat dan pemerhati literasi seni dan budaya.

Baca Juga : Pj Gubernur Rudy Salahuddin Sambut Kepala Kajati Baru Gorontalo I Dewa Gede Wirajana

“Kegiatan ini dilaksanakan setiap bulan November sebagai mandatori Peraturan Gubernur Gorontalo Nomor 22 Tahun 2018 tentang Bulan Literasi Daerah,” kata Ridwan Hemeto didampingi Sekretaris Dinas Fauzi Ma’ruf.

Kegiatan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 6 sampai dengan 14 November 2023 yang dikemas dengan berbagai bentuk kegiatan seperti, belajar Bersama budayawan, Reiners Bila, belajar bersama seniman musik modern Febriyanto,,seni tari Cun Alfred Moonti, musik tradisional Riswantol, seni Lukis Fandi Rais, serta komunitas literasi yang mengajarkan bagaimana cara menulis cerpen dan puisi dengan baik.

Penanggungjawab kegiatan Nuraini Podungge menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh lima SMA sederajat yang ada di provinsi gorontalo dengan peserta adalah siswa yang memiliki bakat bidang seni musik dari SMAN 1 Kota Gorontalo, SMAN 2 Kota Gorontalo, SMAN 3 Kota Gorontalo, SMAN 4 Kota Gorontalo dan SMAN 1 Limboto Barat serta guru pembina seni masing-masing sekolah.

Baca Juga : Kepala Inspektorat Hadiri Rakor Percepatan Sertifikasi Aset Pemerintah Daerah yang Dilaksanakan KPK RI

Antusias peserta dalam menerima materi terlihat sekaligus praktek dari penampilan para siswa memainkan alat musik yang dikuasai dengan tambahan ilmu penguasaan alat musik dari pemateri.

“Dengan musik kita bisa belajar ilmu kedokteran, karena ada penyakit yang bisa disembuhkan melalui terapi music” pungkas Febriyando.

Penulis : Wahyuddin
Komentar